Headline Sumut

Orang Batak Cerdas Selalu Berpikir Untuk Maju

mediasumutku.com | BATAM :  Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto hadir sebagai pembicara pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Batam. Hasto mengagumi nilai-nilai budaya orang Batak dan memuji bahwa literasi Batak sangat luar biasa.

Bahkan, Hasto mengatakan bahwa banyak orang cerdas dari Batak. “Budaya literasi Batak ini luar biasa. Tidak heran, orangnya cerdas-cerdas, pintar-pintar,” ucap Hasto disambut ribuan anggota PSBI di Harmoni One Hotel dan Convention Centre, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (12/12/2019) malam.

Hasto juga mengatakan, orang Batak selalu berpikir untuk maju. Dirinya pun mengutip dari sebuah lagu berjudul “Inang” (Ibu) untuk memperlihatkan perjuangan wanita Batak agar bisa sukses di mana pun berada.

“Apalagi saya mendengarkan seorang ibu-ibu, lagu Inang, itu kalau sudah bekerja, yang penting anaknya bisa sekolah. Apa pun, bekerja sekeras apa pun. Keringat dicurahkan sebanyak apa pun selama untuk pendidikan anaknya. Itu akan dilakukan. Luar biasa,” puji Hasto.

Hasto mengatakan, meski banyak orang Batak yang berpendidikan tinggi, tetapi mereka tak pernah melupakan kebudayaan daerah asalnya. “Ini luar biasa. Kalau saya lihat, boleh jadi orang Batak itu pendidikannya S3, profesor, dan dari luar negeri. Tetapi, mereka selalu memiliki akar kebudayaan yang kuat. Mereka tidak pernah melupakan kebudayaannya. Hubungan kerabatannya juga sungguh luar biasa,” ungkap Hasto, seperti disiarkan beritasatu.com.

Menurut pria asal Yogyakarta itu, di Batak memang ada literasi sendiri, yang justru menunjukan akar budaya bangsa. “Sejarah literasi kita, saya tanya tadi ke Pak Effendi Simbolon (Ketua Umum PSBI), ternyata di Batak ada huruf, ada kebudayaan yang luar biasa. Dari huruf itu, kita membentuk peradaban. Ini sejarah luar biasa,” jelasnya.