Pendidikan

Organisasi Mahasiswa Dukung Pembangunan UINSU di Kota Tebingtinggi

mediasumutku.com|TEBINGTINGGI-Tiga organisasi mahasiswa menyatakan dukungannya terhadap pembangunan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dihadapan Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, di Balai Kota Tebingtinggi, Senin (15/2/2021).

Ketiga organisasi yang tersebut yakni, Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda, Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Korps Alumni Himpunan Mahasiwa Islam (KAHMI) Kota Tebingtinggi.

Turut dihadiri oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bambang Sudaryono dan Kadis Kominfo yang diwakili Kepala Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Iswan Suhendi.

Dalam audiensi tersebut, Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi, menyampaikan, apa yang dilakukan Pemerintah Kota Tebingtinggi ini adalah bukan hanya untuk kepentingan pribadi ataupun golongan. Melainkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Tebingtinggi dengan biaya pendidikan tinggi yang murah dan tetap mampu menghidupkan ekonomi.

“Awalnya dulu kita diperkenankan waktu zaman otonomi daerah, untuk membuka Pendidikan Tinggi. Lalu muncul Akademi Kebidanan. Tapi, pada tahun 2014 muncul Undang – undang No. 23 tahun 2014 yang menyatakan pendidikan dibagi; Pendidikan Dasar TK sampai SMP diselenggarakan pemerintah kabupaten/kota, tingkat SMA, SMK, SLB diselenggarakan Pemerintah Provinsi, Perguruan Tinggi urusan Pemerintah Pusat,”jelasnya.

Kemudian lanjutnya, muncul ketentuan 3 Menteri, yaitu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, yang menyatakan Akademi Kebidanan itu dibatasi masa operasinya sampai pada tahun 2020, setelah itu AKBID tidak boleh beroperasi.

“Kita punya aset dan sayang kalau tidak kita manfaatkan. kita butuh Pendidikan Tinggi, kalau bisa negeri, maka kita mendatangi Universitas Sumatera Utara, sebagaimana Pendidikan Tinggi di Sumatera Utara,” sebutnya.

Umar menyebutkan, pihaknya juga telah mendatangi Kementerian Kesehatan untuk mendukung pembangunan UINSU di Tebingtinggi.

“Kalau bisa dibuatlah Poltekkes di Kota Tebingtinggi. Tapi, dana mereka terbatas, dalam keadaan kondisi Covid-19 ini tak usah urus Poltekkes, urus kesehatan saja kami sudah kalang kabut.

Setelah mendengar penjelasan walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi, ketiga organsiasi mahasiswa itu menyetujui dan mendukung pembangunan UINSI yang ditandai dengan penyerahan dokumen pernyataan dukungan bangun UINSU di Tebingtinggi. (MS6)

Tinggalkan Balasan