Ekonomi

Pacu UMKM, Kemendag Dorong Sinergi Antarlembaga

mediasumutku.com|MEDAN- Kementerian Perdagangan berkomitmen menjalin kerja sama dan sinergi yang kuat dengan berbagai kementerian atau lembaga di tingkat pusat dan daerah, terutama lembaga pembiayaan. Hal ini untuk meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah, serta usaha mikro kecil dan menengah (IKM/UMKM) dalam melakukan ekspor.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, pemerintah harus memberikan kemudahan berusaha bagi IKM/UMKM, seperti dalam aspek pemberian kredit yang mudah atau stimulus.

“Tujuannya agar peran IKM/UMKM dalam pembangunan ekonomi bisa semakin besar,” ungkap Wamendag Jerry, Rabu (7/10/2020).

Wamendag Jerry mengatakan, para pelaku IKM/UMKM perlu mendapatkan kemudahan dalam
mendapatkan akses pembiayaan melalui proses asesmen yang lebih sederhana dan bunga yang
lebih kompetitif.

“Untuk itu, sinergi semua pihak dalam meningkatkan daya saing IKM/UMKM Indonesia penting dilakukan agar IKM/UMKM dapat berkontribusi terhadap ekspor Indonesia,”ujarnya.

Saat ini, kontribusi IKM/UMKM terhadap ekspor Indonesia masih kurang dari 10 persen. Tingkat kontribusi ini jauh lebih rendah dibandingkan beberapa negara lain, seperti Swiss, Tiongkok, Belanda, Jepang, Amerika Serikat; dan beberapa negara anggota ASEAN seperti Thailand, Filipina, Malaysia, dan Vietnam.

“Guna membangkitkan gairah dunia usaha lokal berorientasi ekspor tanpa mengesampingkan kearifan budaya lokal, kebijakan penguatan pasar dalam negeri harus menjadi salah satu program prioritas pemerintah,”katanya.(MS11)