Ekonomi

Pagi Ini, Kurs Rupiah Menguat Tipis 0,03%

mediasumutku.com | JAKARTA – Berdasarkan data Melansir Bloomberg pukul 8.11 WIB, rupiah ke Rp 13.948 per dolar AS atau menguat tipis 0,03% dari sesi sebelumnya.

Kurs rupiah bersiap untuk melanjutkan laju penguatan tiga hari beruntun, Senin (30/12). Sepekan terakhir performa rupiah cukup perkasa. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, penguatan nilai tukar rupiah tersebut sejalan dengan aliran modal asing yang masuk ke pasar domestik sepanjang sepekan terakhir.

“Selama seminggu terakhir sampai dengan 26 Desember, modal yang masuk sebesar Rp 34,7 triliun, Jadi itu faktor pertama yang menjaga stabilitas eksternal nilai tukar rupiah kita, karena aliran modal asing masuk,” tutur Perry.

Selain itu, terjadinya capital inflow menurutnya juga menunjukkan adanya kepercayaan para investor di pasar terhadap ekonomi Indonesia, baik dari sisi kinerjanya maupun prospeknya

Ekonom PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Fikri C Permana memprediksi rupiah bakal relatif stabil di angka Rp 13.900 per dolar AS hingga Rp 14.100 per dolar AS dalam beberapa waktu ke depan.