Ekonomi

Pemerintah Tingkatkan Ekspor Komoditas Unggulan Kepulauan Buton

mediasumutku.com| MEDAN-Pemerintah daerah diminta untuk memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki secara optimal dan menjalin sinergi dengan pemerintah pusat guna meningkatkan ekspor komoditas unggulan.

Demikian dikatakan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat menghadiri rapat koordinasi peningkatan ekspor komoditas unggulan dan sinkronisasi kebijakan sektor perdagangan di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

“Rapat koordinasi yang kita lakukan harus menjadi salah satu sarana untuk terus meningkatkan kolaborasi dalam menggenjot ekspor produk unggulan dan produk-produk potensial lainnya di Kepulauan Buton, Sultra. Kementerian Perdagangan akan mencari solusi agar komoditas unggulan daerah dapat dimanfaatkan sepenuhnya,” ujar Wamendag Jerry, Sabtu (29/5/2021).

Dikatakannya, dalam mendorong ekspor komoditas unggulan, pemerintah daerah dapat memanfaatkan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) di bawah Kementerian Perdagangan.

BBPPEI bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan eksportir dalam menembus pasar global. UMKM dapat dibina di balai pelatihan ekspor untuk menyesuaikan produknya dengan permintaan buyer di luar negeri.

Kementerian Perdagangan, lanjut, Wamendag Jerry, memiliki perwakilan di luar negeri seperti Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) yang tersebar di 33 negara. Perwakilan ini bertugas memfasilitasi eksportir Indonesia dengan buyer internasional.

“Pemerintah pusat ingin memastikan peningkatan ekspor nasional dapat berjalan. Untuk itu, diperlukan dukungan dari pemerintah daerah karena produk ekspor berasal dari daerah,” tandas Wamendag Jerry.(MS11)