Sumut

Pemkab Sergai Bedah Rumah Penyandang Disabilitas

mediasumutku.com| Sergai- Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai membedah rumah Roman (42), warga Dusun IV Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin, Rabu (12/8/2020). Roman adalah seorang penyandang disabilitas yang mengalami kelumpuhan selama puluhan tahun.

Bupati Kabupaten Sergai, Soekirman, menyebutkan, membantu warga tidak mampu adalah salah satu tugas yang dijalankan pemerintah.

“Pemerintah akan hadir di tengah-tegah masyarakat. Saat ini Roman (42) dapat menempati rumah baru setelah mendapatkan program bedah rumah dari Pemkab Sergai melalui Gerakan Empati Masyarakat Sakit (GEMAS) dari Dinas Kesehatan Sergai,”kata Soekirman didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sergai, dr Bulan Simanungkalit.

Disebutkan Soekirman, kegiatan program GEMAS tidak hanya membantu memperbaiki rumah yang kurang layak huni, tapi juga membantu dalam hal lainnya seperti, bedah tumor, polio, hydrosafalus, dan lainnya.

“Jumlahnya sudah banyak yang telah dilakukan program GEMAS ini. Kita berharap, kepada masyarakat Sergai jika memang ada warga yang sakit jangan ada yang disembunyikan. Namun, diberitahukan kepada pemerintah setempat, agar bisa dicari solusinya untuk berobat. Apakah bisa dengan cara berobat secara alternatif, tapi jangan dibiarkan masyarakat itu sampai menderita,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Sergai, Soekirman bersama Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit dan Kadis Sosial, Ifdal telah mengunjungi Roman (42). Roman tinggal seorang diri digubuk reot, persisnya dibelakang rumah warga sekitar. Melihat kondisinya seperti itu, Bupati, Soekirman menaruh prihatin dan membedah rumah Roman melalui program GEMAS. (MS12)