Sumut

Pemkab Simalungun Tata Kawasan Wisata Parapat

mediasumutku.com | SIMALUNGUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun segera menata kembali infrastruktur pariwisata di kota wisata Parapat Danau Toba, Simalungun.

Dalam rangka penataan tersebut, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka, dan anggota DPRD Maraden Sinaga, Kadis PUPR Simalungun Benny Saragih ST dan Kadis PPKAD Frans Saragih melakukan kunjungan kerja ke kota Parapat, Sabtu (29/5/2021).

Di kota Parapat, bupati dan rombongan langsung menuju terminal Sosor Saba. Terminal ini segera ditata menjadi terminal modern sebagai lokasi parkir kendaraan atau tempat transit para wisatawan, sehingga diharapkan ke depan dapat memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung di kota Parapat.

Selanjutnya, rombongan bupati usai dari terminal Parapat langsung menuju destinasi wisata Rumah Seni Dolok Sipiak. Di lokasi ini, bupati berharap agar dikelola oleh pemerintah kabupaten.

“Lokasi wisata ini sebaiknya dikelola oleh pemerintah sehingga dapat tertata dengan baik,” ujar Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Masih di lokasi destinasi wisata Rumah Seni Dolok Sipiak, Radiapoh Hasiolan Sinaga memerintahkan camat, dinas pariwisata dan instansi terkait melakukan pemetaan aset pemerintah yang berada di kota wisata Parapat, baik milik pusat, provinsi maupun kabupaten.

Selain itu, bupati juga meninjau lokasi-lokasi wisata lainnya di kota Parapat sembari merencanakan penataan kembali, agar labih baik untuk mendukung pariwisata Parapat Danau Toba Simalungun. Kemudian, bupati dan rombongan melakukan rapat koordinasi terkait dengan konsep tata ruang kota Parapat. (MS10)