Headline Sumut

Pemko Tebing Tinggi Sosialisasikan Pengelolahan Limbah B3

TEBING TINGGI – Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. membuka secara resmi sosialisasi peningkatan kinerja pengelolaan limbah B3 (Bahan Berbahaya Beracun) Fasilitas layanan kesehatan dan industri dalam mendukung sirkular ekonomi di Kota Tebing Tinggi, Selasa (31/08/2021) di Pondok Bagelen.

Hadir sebagai narasumber Kadis LH Kota yang juga sekaligus sebagai ketua panitia, Muhammad Hasbie Ashshiddiqi, S.Pd.I., M.Si., Direktur Penjualan PT. SDLI (Sumatera Deli Lestari Indah), Umar Saleh Avicenna Tani dan Direktur Keuangan PT. SDLI, Rusli Tan.

Kadis LH Kota menyampaikan bahwa kegiatan bertujuan untuk memberi pemahaman, pengetahuan dan informasi tentang pengelolaan limbah B3.

“Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan bagaimana pengelolaan limbah B3, termasuk limbah B3 medis dari Fasyankes (Fasilitas Layanan Kesehatan) serta memberikan informasi bagi pelaku usaha/kegiatan sesuai Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021 pasal 491 dan 493,” urai Kadis LH Kota.

Sementara itu, Walikota dalam arahannya mengatakan pentingnya mengadakan sosialisasi peningkatan kinerja pengelolaan limbah B3 Fasyankes dan industri untuk memberikan pembelajaran, pengertian terhadap sampah medis dan sampah industri.

“Sosialisasi ini untuk memberikan pembelajaran, pengertian kepada kita. Nanti ada informasi jelas bagaimana yang harus dilakukan terhadap sampah medis dan limbah industri berbahaya dan beracun ini. Sudah diberi pemahaman, masih dikerjakan, prosesnya hukum,” tegas Walikota.

“Kepada PT. SDLI kami harap agar kiranya dalam menangani limbah B3 dapat bekerjasama bersinergi dan lebih banyak pelayanan kepada masyarakat agar bebas dari limbah B3,” pesan Walikota.

Turut hadir Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., Kajari Sundoro Adi, S.H.,M.H., AKP. Heri Sutikno, S.H. dari Danyon B Brimobdasu, perwakilan OPD terkait, Lapas, BNN Kota, Ketua MUI Kota Drs. H. Akhyar Nasution serta Direktur atau mewakili Rumah Sakit, Klinik, perwakilan pelaku UMKM se-Kota Tebing Tinggi dan tamu undangan.