Sumut

Pemko Tebingtinggi Bahas Data Publikasi di FGD

mediasumutku.com|TEBINGTINGGI- Pemerintah Kota Tebingtinggi menggelar Forum Of Dicusssion (FGD) membahas data publikasi tahun 2021, di Hotel Malibou, Tebingtinggi, Selasa (16/2/2021). Turut hadir Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi dan perwakilan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan intansi terkait se-Kota Tebingtinggi.

Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutannya mengatakan, tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) menyajikan laporan sedemikian akurat sehingga, Tebingtinggi memperoleh tambahan dana dari pusat karena akurasi laporan yang disajikan.

“Karena semua komponen yang dibutuhkan oleh pemerintah pusat untuk menentukan satu kebijakan. Apa yang ditampilkan mulai dari kesehatan, angka sakit disajikan dengan benar, umur harapan hidup, angka kematianibu, angka kematian bayi, penyakut menular, data kesakitan, itu semua ditampilkan dengan akurat oleh BPS bekerja sama dengan instansi OPD yang terkait,” katanya.

Oleh karena itu , lanjutnya, memerlukan BPS sebagai sumber data yang bisa dibaca oleh semua masyarakat, terutama pemerintah pusat.

“Takkan ada data yang dipercaya oleh pemerintah pusat kecuali data BPS, angka itu penting, pusat itu melihat ini. Hari ini, BPS mengundang kita untuk melihat profil kita, bagaimana wajah Tebing tnggi menurut bidang dan sektornya masing masing,” sebutnya.

Kepala Badan Pusat Statistik Kota Tebingtinggi, Intan Menggalawati dalam sambutanya berharap, masing-masing OPD dapat memahami bagaimana mengumpulkan data.

“Sebagai kebijakan untuk apa, antara lain untuk DAU (Dana Alokasi Umum) dan intinya kita kumpul disini adalah untuk menyesuaikan bahwa data yang disusun oleh BPS Tebingtinggi yang berasal dari pada OPD disini. Jangan sampai nanti ada kesalahan,” ujar Intan. (MS6)

Tinggalkan Balasan