Sumut

Pemko Tebingtinggi Terima Bantuan IPLT Dari Kementrian PUPR

mediasumutku.com| TEBINGTINGGI-Pemerintah Kota Tebingtinggi menerima bantuan pengelolaan pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) tahun 2020 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pusat.

Bantuan diterima oleh Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, di Ruang Kerja Lantai IV Gedung Balai Kota Tebingtinggi, Rabu (17/2/2021). Serah terima bantuan tersebut ditandai dengan penandatanganan dari Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan.

Turut hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tebingtinggi, Rusmiyati Harahap, Kadis Kominfo Dedi P Siagian dan Kepala Balai Pra Sarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Kementerian PUPR Syafriel Tamsier.

Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, mengatakan, ada tiga daerah di Sumatera Utara yang menerima bantuan IPLT dari pemerintah pusat diantarnya, kota Medan, Kabupaten Dairi dan Kota Tebingtinggi.

“Kami berterimakasih kepada Kementerian PUPR, karena kita menjadi salah satu daerah yang diberi bantuan IPLT. Artinya, Tebingtinggi, dianggap sebagai kota yang harus memberikan fasilitas layanan sanitasi yang baik kepada masyarakat. Khususnya dari Balai Pra Sarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara,” kata Umar Zunaidi.

Dengan adanya IPLT ini, dia berharap, tidak ada lagi warga Tebingtinggi yang membuang air besar sembarangan atau sanitasi dialirkan buang ke sungai atau ke badan air lain.

“Semua harus diolah dikirimkan ke IPLT yang ada untuk diproses sesuai dengan standar kesehatan. Diharapkan UPT yang ada di Dinas PUPR dapat memelihara, merawat dan mengoperasionalkan sebaik-baiknya, jangan sampai ada kesan kumuh, kotor dan tidak terawat”, harapnya.

Pada kesempatan itu, Walikota juga berharap program-program pembangunan lainnya masih akan berlanjut di kota Tebing Tinggi.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Balai Pra Sarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Kementerian PUPR, termasuk mungkin Program Kotaku yang masih kita lanjutkan, Kota Kumuh dan program lainnya yang mungkin bisa kita bantu”, ujar Walikota.

Kepada Dinas PUPR Tebingtinggi selaku pengelola IPLT, Walikota berpesan, agar dapat menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Pelihara sebaik-baiknya, dan pertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya. Tolong dijaga IPLT yang sudah ada dengan sebaik-baiknya jangan sampai ada yang rusak atau hilang,”tandasnya. (MS6)