Pendidikan

Pengabdian Dosen Muda USU di Kelurahan Sari Rejo

mediasumutku.com | MEDAN – Dosen memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tridharma Perguruan tinggi salah satunya adalah melaksanakan Pengabdian Kepada Masayarakat (PKM).

Melalui program Dosen Wajib Mengabdi yang difasilitasi oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara beberapa dosen muda dari Fakultas MIPA USU yaitu M. Zulham Efendi Sinaga, M. Si. Dari Departemen Kimia, Yuan Alfinsyah Sihombing, M. Sc., dan Lukman Hakim, M. Si. dari Departemen Fisika.

Ikut berpartisipasi dalam program tersebut dari bulan Mei sampai November 2019 dengan membawa tema Pembuatan handwash dengan Penambahan Kitosan sebagai Antimikroba di Sekolah yayasan Almujahidah yang terletak di Jalan Bilal Gang Makmur Lingkungan I, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan.

Pembuatan handwash dianggap perlu dilakukan di sekolah tersebut karena sekolah yang dikelola oleh yayasan merupakan sekolah fullday sehingga sebagian besar waktu para siswa dihabiskan di sekolah mulai dari makan siang dan aktivitas lainnya yang menggunakan tangan sehingga perlu dilakukan sosialisasi kepada para siswa untuk menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun agar mengurangi resiko terserang berbagai penyakit yang disebarkan oleh kuman yang ada di tangan.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu survey awal dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh pihak sekolah, sosialisasi dan praktek secara langsung pembuatan handwash diikuti oleh 97 peserta 5 guru dan 92 para siswa SMP kelas 7, 8 dan 9.

Selama proses sosialisasi dan praktek pembuatan handwash para siswa dan guru sangat antusias mengikuti kegiatan sampai selesai. Kegiatan ini kami tekankan khusus untuk para guru agar kegiatan ini dapat dilanjutkan terus menerus.

Dalam kegiatan ini juga kami memberikan dispenser handsoap di beberapa kamar mandi di lingkungan sekolah agar para siswa, para guru dan orang tua/wali murid yang menggunakan toilet sekolah dapat dengan mudah memperoleh sabun cair yang telah kami buat agar setiap orang dilingkungan sekolah selalu sehat dengan selalu mencuci tangan mereka.