Berita Sumut Ekonomi Headline Kesehatan Medan Religi Sumut

Penyerapan Anggaran Belum Maksimal, Anggota Dewan Ini Ingatkan SKPD Pengguna Anggaran Kreatif dan Transparan

MEDAN – Menyikapi pernyataan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara IBN Wiswantanu dalam Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM dan Penyerapan Anggaran Covid-19 seperti diberitakan beberapa media, bahwa sampai September 2021 penyerapan anggaran masih 50 persen.

Menurut Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. Wong Chun Sen, M.PdB, Kepala Daerah termasuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus kreatif dan menciptakan terobosan dan program yang benar-benar menyentuh masyarakat. SKPD juga tidakperlu ragu-ragu dalam merealisasikan anggaran Covid-19 tepat sasaran.

“Percepatan realisasi anggaran akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi Sumatera Utara yang sempat terpuruk dihantam pandemi Covid-19,” tegasnya.

Terobosan dan program yang benar-benar pro rakyat, lanjut Wong Chun Sen apabila dijalankan dengan transparan pasti akan berjalan dengan baik dan tepat manfaat, tepat waktu serta tepat sasaran.

“Pemerintah daerah melalui SKPD-nya harus kreatif dalam membuat program yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terdampak pandemi Covid-19,” tandasnya.

Program yang ditawarkan, lanjut Wong yang juga Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Kota Medan bisa lewat pemberian bantuan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan pola pendampingan yang benar, bukan karena KKN atau ingin mensejahterakan kelompok masyarakat tertentu saja.

“Pemberian bantuan kepada pelaku UMKM harus diawasi dengan ketat, bukan untuk dimanfaatkan membeli kebutuhan konsumtih, tapi untuk pengembangan usaha atau peningkatan kemampuan pelaku usahanya,” papar Wong Chun Sen.

Yang pasti, tambah Wong Chun Sen yang akrab disapa Tarigan ini agar penyerapan anggaran benar-benar tepat sasaran, semua elemen harus bersinergi dan saling mengingatkan jika ada potensi penyimpangan.