Sumut

Permudah Adminduk, Pemkab Sergai Luncurkan Bakso Urat

mediasumutku.com|SERGAI-Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai meluncurkan aplikasi Buat Administrasi Kependudukan Secara Online Untuk Rakyat (Bakso Urat) di Wisma Juang Kecamatan Perbaungan, Senin (31/5/2021).

Hadir saat peluncuran Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan, Sekda Faisal Hasrimy, Ketua TP PKK Rosmaida Darma Wijaya, Asisten I Setdakab Nina Deliana, Asisten III Irwani, Kadisdukcapil Fitriadi, sejumlah Kepala Dinas, Camat dan Kades di jajaran Pemkab Serdang Bedagai.

Dalam arahannya, Bupati Darma Wijaya mengatakan, peluncuran aplikasi Bakso Urat ini merupakan janji kampanye Dambaan (Darma Wijaya dan Adlin Tambunan).

“Saat saya masih jadi Wakil Bupati dan istri sebagai Ketua GOPTKI yang juga Kabid PDIP (Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan), ia pernah bercerita agar layanan adminduk dilakukan didaerah juga, sehingga rakyat tidak jauh mengurus KK, KTP dan lainnya. Makanya saya dan pak Wakil saat itu sepakat membuat agar masyarakat tidak jauh mengurusnya ke ibukota kabupaten ini,”ungkap Bupati.

Aplikasi dan peluncuran layanan Adminduk di 5  Kecamatan ini juga sebagai langkah mewujudkan nyata 100 hari kerja pasangan Bupati Darma Wijaya dan Adlin Tambunan.

“Saya minta petugas bener-bener dalam bekerja, tidak menerima pungutan apapun. Dan dipastikan layanan ini gratis. Jangan lagi ada saya dengar mengurus KTP atau KK bayar,”ujarnya.

Satpol PP juga harus mengusir calo yang ada di dinas kependudukan atau kantor camat yang melayani adminduk.

“Negara tidak boleh takut sama preman. Calo dilarang dan akan kita bersihkan. Jangan pulak petugas yang malah jadi calo,”tegasnya.

Pada kesempatan itu mantan Wakil Bupati ini juga mengimbau, kepada masyarakat agar mewaspadai penyebaran virus covid.

Sementara itu, Kadisdukcapil Serdang Bedagai, Fitriadi melaporkan bahwa peluncuran aplikasi “Bakso Urat” dan launching pelayanan adminduk di 5 kecamatan.

“Aplikasi Bakso Urat ini sesuai Permendagri tentang layanan adminduk. Selain itu 5 kecamatan yang launching layanan adminduknya ada di Kecamatan Perbaungan untuk melayani masyarakat di kecamatan Pantai Cermin dan Pegajahan,”jelasnya.

Selanjutnya Kecamatan Teluk Mengkudu untuk melayani masyarakat di kecamatan Sei Rampah, Tanjung Beringin dan Sei Bamban. Kecamatan Tebing Syahbandar untuk Kecamatan Bandar khalipa dan Tebing Tinggi. Kecamatan Dolok Merawan untuk Sipispis. Serbajadi menangani Silindak, Kotari, Dolok Masihul dan Bintang Bayu.

“Kedepan kita harap setiap kecamatan akan terealisasi. Semua itu karena keterbatasan anggaran kita. Melalui peluncuran layanan di 5 kantor Camat ini rakyat yang ingin mengurus KK, KTP, Kia, Akte Lahir dan lainnya tidak perlu repot jaih datang ke Sei Rampah,”ucap Fitriadi.

Salah seorang warga Desa Kesatuan, Kecamatan Perbaungan Intan mengaku, aplikasi Bakso Urat ini sangat mudah difahami. Ia mengaku, melakukan perubahan data karena ikut sumi yang baru pindah dari Simalungun.

“Mudah kok, cukup buka aplikasi Bakso Urat, lalu login menggunakan email, terus masukkan NIK dan isi datanya. Udah siap,”jelasnya.

Dia berharap agara Pemerintah terus berinovasi memberikan layanan serupa kepada masyarakat.

“Saya yakin dibawah pak Bupati Darma Wijaya dan Adlin Tambunan Serdang Bedagai akan lebih baik kedepannya,”tandasnya. (MS6)

Tinggalkan Balasan