Pendidikan

Pertamakalinya, USU Masuk Pemeringkatan Kampus Top Dunia

mediasumutku.com|MEDAN-Universitas Sumatera Utara (USU) untuk pertamakalinya masuk ke dalam pemeringkatan kampus top dunia. Capaian ini  penting di tengah gencarnya program Rektor USU Dr Muryanto Amin yang ingin USU menjadi world class university.

Sebagaimana dirilis lembaga pemeringkatan universitas dunia, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangkings (QS-WUR) 2022, USU berada di peringkat 1201+ dunia dengan QS Stars 3.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin, mengatakan, masuknya USU ke dalam pemeringkatan kampus top dunia ini merupakan langkah awal yang positif.

“Tahun depan kita akan perbaiki nilainya dan mudah-mudahan bisa meningkat lagi peringkatnya,” ujarnya.

Mury mengatakan, QS Ranking menerapkan beberapa indikator yang harus dicapai oleh lembaga perguruan tinggi.

“QS Ranking adalah indikator terukur yang ditetapkan di Renstra USU Periode ke-2 dan termasuk dalam target yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek,” katanya.

Rektor menegaskan, para pimpinan dan peneliti yang ada di lingkungan Universitas Sumatera Utara perlu mengetahui metodologi pemeringkatan QS Ranking dan capaian yang telah diraih Universitas Sumatera Utara.

“Sehingga diperoleh rekomendasi apa yang sebaiknya dilakukan oleh USU untuk mempercepat langkah menuju world class university,” ujarnya.

Sebagai informasi, QS-WUR pada tahun ini telah merilis 1.000 universitas terbaik dari seluruh dunia mencakup 80 lokasi berbeda.

Melansir laman topuniversites.com, Massachusetts Institutes for Technology (MIT) melanjutkan dominasinya dengan menjadi kampus nomor satu peringkat dunia selama sembilan tahun berturut-turut. (MS7)

Tinggalkan Balasan