Ekonomi Headline Perkebunan & Pertanian Sumut

Petani NasDem dan Kelompok Tani di Tapsel Tanam Perdana Tanaman Hortikultura

Mediasumutku.com | Sipirok-Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Petani Nasional Demokrat Sumatera Utara (DPW Petani NasDem Sumut) Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd menggandeng kelompok tani di Tapanuli Selatan untuk terjun langsung mempraktekkan pola tanam yang benar di lahan pertanian Komplek Yayasan LMC Jl. Raya Sipirok – Padangsidimpuan Km 17, Desa Marisi Kecamatan Angkola Timur Tapanuli Selatan, tepatnya di awal Agustus kemarin.

Parsaulian Tambunan yang juga Anggota DPRD Sumut dari Fraksi NasDem terus melakukan konsolidasi ke daerah-daerah untuk membentuk pengurus Petani NasDem di kabupaten/kota di Sumatera Utara.

“Sudah ada sekitar 12 Kabupaten/Kota yang membentuk Dewan Pengurus Daerah (DPD) Petani NasDem, khusus untuk daerah Tapanuli Bagian Selatan kita langsung melakukan aksi nyata dengan penanaman tanaman hortikultura berupa jagung, bawang merah, cabai merah, porang dan tanaman buah manggis secara Simbolis di lahan Yayasan LMC,” kata Parsaulian Tambunan kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Pada acara penanaman perdana ini, lanjut Parsaulian Tambunan beberapa undangan turut hadir menyaksikan. Antara lain dari Dinas Pertanian Tapsel, PPL Angkola Timur, UPT Arse, Kodim Tapsel yang meminjamkan traktor, beberapa Kelompok Tani, guru dan staf serta siswa SMK LMC.

“Harapan kita ke depan, DPW Petani NasDem Sumut dengan DPD Petani NasDem di Kabupaten/Kota akan bersinergi dengan kelompok tani dalam meningkatkan hasil usaha pertaniannya, kalau yang di perkotaan akan kita arahkan untuk mengembangkan urban farming atau pertanian dengan pola tanam hidroponik. Hal ini dilakukan karena keterbatasan lahan yang luas di tengah kota,” tandasnya.

Direncanakan, kata Parsaulian Tambunan DPW Petani NasDem Sumut dan DPD Petani NasDem Kabupaten/Kota akan dilantik September mendatang di Medan. “Setelah terbentuk, kita akan langsung bekerja dan merangkul kelompok tani dalam banyak hal, terutama untuk meningkatkan kemampuan dan taraf hidupnya,” kata Parsaulian Tambunan.