Sumut

PKK Diharapkan Jadi Potensi Penguatan Kemandirian Keluarga di Asahan

ASAHAN- Keberadaan Tim Penggerak Program Kesejahteraan Kelurga (TP PKK) diharapkan bisa menjadi penguatan potensi kemandirian keluarga.

“Untuk itu, saya mengajak kepada semua Ketua TP PKK Kecamatan untuk dapat lebih mempelajari dan memahami 10 Program Pokok PKK dengan semua aspek pengembangannya sampai ke PKK tingkat Desa/Kelurahan di Wilayah masing masing” ketua TP PKK Asahan, Titiek Sugiarti Surya saat melantik ketua PKK Kecamatan se Kabupaten Asahan, di pendopo rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (21/9/2021).

Titiek berpesan, bahwa Tim penggerak PKK Kecamatan harus menjadi penggerak program dan kegiatan, membina Tim Penggerak PKK desa, para kader, kelompok-kelompok dan Dasawisma serta masyarakat luas, bersemangat berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui gerakan PKK.

Disamping itu, dia juga mengatakan untuk mengembangkan program unggulan yang ada di wilayah masing masing seperti OVOP (One Village One Produck), manfaatkan pekarangan dengan menanam tanaman obat keluarga di setiap rumah.

Mengakhiri sambutannya Ketua TP. PKK menitipkan, tugas penting kepada seluruh Ketua TP PKK Kecamatan yang baru dilantik agar ikut serta membantu program pemerintah dalam mengatasi stunting dengan cara mengaktifkan posyandu, mengadakan peninjauan keposyandu dan memberikan bantuan makanan tambahan untuk balita yang kekurangan gizi agar masalah stunting bisa teratasi.

“Dan ini adalah tugas mulia untuk membantu sesama dan program pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Asahan, Surya, BSc dalam sambutannya menyampaikan, kepada Tim Penggerak PKK baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan dapat menjadi fasilitator, inisiator dan dinamisator dalam pemberdayaan Posyandu, Pelayanan Kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi keluarga.

“Hal itu untuk mewujudkan program PKK yang selaras dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Asahan yaitu, terwujudnya masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter,” sebutnya.

Bupati juga berpesan, kepada para Camat untuk dapat menunjukkan dedikasi dan loyalitas dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam mengabdi di tengah tengah masyarakat.

“Terutama dalam mewujudkan program pembangunan demi kesejahteraan masyarakat, tentunya dengan tetap berpedoman kepada 3 T yaitu, tertib administrasi, tertib anggaran dan tertib dalam melaksanakan tugas,” ujarnya. (MS10)