Sumut

PKK Harus Lebih Unggul Sebagai Penggerak Ekonomi di Keluarga

mediasumutku.com| SERGAI-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang didominasi kaum perempuan harus lebih unggul sebagai penggerak dan pendongkrak perekonomian keluarga.

“PKK harus lebih unggul, karena kalau PKK nya unggul, kesejahteraan keluarga akan meningkat,”kata Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya saat membuka Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (LP3PKK) bagi seluruh kader PKK se-Kabupaten Serdang Bedagai di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati, Senin (12/7/2021).

Turut hadir Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan, Ketua TP PKK Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Uke Retno Faisal Hasrimy. Hadir juga, Nirman Subhan yang mewakili PKK Provinsi Sumatera Utara sebagai narasumber.

Darma Wijaya berharap, agar latihan ini dimanfaatkan oleh seluruh kader sebaik-baiknya dan mengaplikasikan ilmu yang didapat ditengah masyarakat.

“Latihan ini diharapkan memberikan pemahaman kepada seluruh kader bagaimana menggerakan perekonomian masyarakat melalui kegiatan yang bisa dimanfaatkan kaum perempuan. Dibalik laki-laki yang sukses, itu karena ada perempuan yang hebat mendorongnya,”ungkapnya.

Selain itu, kata Darma Wijaya, seluruh kader harus melek tekhnologi. Sebab, ditengah pandemi ini, penggunaan tekhnologi dalam hal peningkatan kesejahteraan keluarga sangat dibutuhkan.

“Ditengah pandemi, apalagi kita termasuk dalam penerapan PPKM, kita harus bisa memanfaatkan perkembangan tekhnologi. Tak lupa juga kader PKK juga harus membantu Pemerintah mensukseskan program vaksinasi,”tandas Bupati.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai Rosmaida Darma Wijaya mengatakan, kader PKK merupakan ujung tombak dan garda terdepan bagi gerakan pemberdayaan masyarakat.

“Untuk menerapkannya, kader PKK Kecamatan dan Desa harus diberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan dalam menyikapi perkembangan tekhnologi. Untuk itu saya berharap agar seluruh kader memaksimalkan peran PKK guna meningkatkan dan memberdayakan masyarakat melalui gerakan 10 program pokok PKK,”ucapnya.

Pelatihan LP3PKK ini, tambah Rosmaida, juga merupakan orientasi secara berjenjang dengan sasaran kader dalam peningkatan ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang dan perumahan layak huni.

“Hal ini juga merupakan bekal dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang melanda Kabupaten ini. Saya harap para kader mampu bertugas dan melaksanakan fungsinya masing-masing terutama meningkatkan keterampilan demi mendukung terwujudnya Serdang Bedagai Maju Terus, Mandiri, Sejahtera dan Religius,”tandas Rosmaida.

Sebelumnya, Ketua Panitia yang juga Ketua GOPTKI, Aini Zetara Adlin Tambunan melaporkan, kegiatan ini diikuti oleh 170 peserta baik secara langsung maupun daring melalui aplikasi Zoom meeting.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini agar ketua dan kader PKK di tingkat Kecamatan dan Desa mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing serta meningkatnya pengetahuan TP PKK Desa terkait pelaksanaan 10 program pokok PKK,”ucapnya. (MS6)