Kesehatan

PMI Asahan dan Karang Taruna Kisaran Timur Jaga Ketersediaan Stok Darah

mediasumutku.com | ASAHAN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Asahan saat ini kekurangan bag stok darah, apalagi sejak pandemi Covid-19. Ketersediaan stok cadangan darah yang terus menipis hingga akhirnya membuat PMI turun menjemput donatur salah satunya dengan menggelar kerjasama dengan kelompok atau lembaga masyarakat.

Kepala Maskas PMI Kabupaten Asahan, Fahrul Simangunsong mengatakan, hingga tanggal 18 Februari 2021 ketersediaan pasokan darah tempat penyimpanan pihak mereka nihil untuk jenis golongan darah apapun.

“Oleh karenanya, kami PMI selalu turun ke lapangan istilahnya menjemput bola ke tempat pendonor langsung walaupun hanya satu kantong darah,” kata Fahrul, kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Disisi lain mereka melakukan komunikasi dengan lembaga, organisasi, komunitas, perusahaan swasta dan pihak-pihak lain agar menggelar kegiatan sosial donor darah.

“Kita terus melakukan kerjasama berbagai pihak agar mereka membantu PMI menjaga ketersediaan darah, demi kemanusiaan,” kata Fahrul.

Lanjut Fahrul menerangkan, jika ada lembaga atau kelompok masyarakat yang ingin menggelar kegiatan sosial donor darah pihaknya tidak memungut biaya (gratis). Seluruh fasilitas donor hingga pudding untuk para pendonor difasilitasi oleh PMI.

“Jadi kalau ada lembaga atau kelompok masyarakat yang ingin melakukan donor darah itu gratis. PMI tak membebani biaya apapun, malah kita yang sediakan pudding, seperti susu, bubur dan vitamin untuk pendonor. Penyelenggara donor darah hanya cukup menyediakan tempat dan calon pendonornya saja,” kata Fahrul.

Seperti yang dilakukan oleh Pengurus Karang Taruna Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan yang mengajak warganya untuk mendonorkan darah di sekretariat mereka, Rumah Produktif Karang Taruna Jalan Prof H.M Yamin, Kisaran pada Jumat (19/2) pagi.

“Sebagaimana informasi yang kita ketahui stok darah di PMI Asahan saat ini menipis, Karang Taruna Kisaran Timur sebagai wadah pemberdayaan masyarakat merasa ikut bertanggungjawab serta peduli terhadap kondisi ini dengan mengajak seluruh masyarakat khsusnya warga Karang Taruna,” kata Ketua Karang Taruna, Kisaran Timur, Rezky Parulian Siregar.

Dalam kesempatan itu, kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Karang Taruna Kecamatan Kisaran Timur, berhasil menghimpun sekitar 25 kantong darah dari sekitar 33 orang pendonor yang mendaftarkan diri. (MS10)