Pendidikan

Politeknik Negeri Medan Gelar Edukasi di Desa Rawan Bencana

mediasumutku.com| MEDAN- Politeknik Negeri Medan melalui unit kerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) membentuk Program Pengabdian Masyarakat Tema Kebencanaan (PMTK).

Tujuannya adalah agar Dosen yang memiliki tugas TriDharma Perguruan Tinggi membuat program-program yang bisa membantu masyarakat di daerah rawan bencana maupun membentuk masyarakat menjadi tangguh bencana.

Tim P3M yang terdiri dari dosen-dosen Politeknik Negeri Medan dari berbagai Program Studi yaitu Rina Walmiaty Mardi S.E.,M.Si.,Ak sebagai ketua , Indra Siregar, S.E.,M.Si.,Ak, dan Muhammad Mabrur, S.T.,M.T sebagai anggota, melakukan kegiatan PMTK di Desa Batukarang Kuta, Kecamatan Payung Kabupaten Karo. Kegiatan PMTK dengan judul PMTK Edukasi Desa Tangguh Bencana.

“Kegiatan PMTK ini diisi dengan penyerahan beberapa alat kebencanaan berupa tandu, tenda, dan peralatan P3K. Kegiatan ini juga diisi dengan pelatihan mengenai tindakan evakuasi pada saat terjadi bencana, dan juga pelatihan membentuk desa wisata yang tangguh bencana kepada Karang Taruna,”kata Rina Walmiaty Mardi disamping rekannya, Rabu (11/11/2020).

Kegiatan ini berjalan pada 10 November 2020 setelah harus mengalami berkali-kali penundaan Pada proses pelaksanaan kegiatan ini sendiri juga terpaksa diringkaskan karena pada saat pelatihan dilakukan terjadi gempa dan Gunung Sinabung kembali erupsi dan mengeluarkan awan panas.

“Begitupun peserta merasa cukup puas dan berharap agar pada waktu mendatang dapat dilakukan kembali kegiatan yang sama di desa Batukarang Kuta,”ujarnya.

Kepala Desa Batukarang Kuta, Julius Sinulingga, S.Pd berharap, di tahun mendatang dapat dilakukan kembali kegiatan Penelitian maupun Pengabdian Masyarakat oleh Politeknik Negeri Medan di desa Batukarang Kuta ini. (MS11)