Bermartabat Headline Medan Religi Sumut

PW NU Sumut Berbagi Ribuan Paket Daging Kurban

mediasumutku.com | MEDAN – Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Sumatera Utara (PW NU Sumut) berbagi daging kurban kepada sesama dalam suasana peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H. Meskipun berlangsung dalam masa PPKM Darurat COVID-19 di Kota Medan, seluruh panitia tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan, Kamis (22/7/2021).

Ketua Panitia Pelaksana Kurban PW NU Sumut, Drs. H. Misran Sihaloho, M. Si, menyampaikan bahwa tahun ini Panitia telah menerima 15 ekor lembu dan 4 ekor kambing, yang diterima dari warga Nahdlyin serta bantuan kurban dari Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi beserta keluarga besar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, H. Musa Rajekshah (Wakil Gubernur Sumut) dan keluarga besar DPD Golkar Sumut, keluarga besar DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara, Kapolda Sumut Irjen Pol. Panca Putra beserta Keluarga Besar Polda Sumatera Utara, Kombes Pol. Riko Sunarko dan keluarga besar Polrestabes Kota Medan, Drs. H Syahrul Wirda, MM beserta Keluarga Besar Kanwil Kemenag Sumatera Utara, Keluarga Besar Universitas Islam Negeri Sumut, masing-masing satu ekor lembu, ditambah dengan perorangan dari para warga Nadhliyin Sumatera Utara lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Pada hari Selasa tgl 20 Juli 2021 dipotong 4 ekor lembu dan 2 ekor Kambing , dan pada hari Rabu Tanggal 21 Juli 2021 11 ekor lembu dan 2 Ekor Kambing yang dibagi kedalam 1600 Paket, bertempat dihalaman Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara Jl. Brigjen HA. Manaf Lubis/Gaperta Ujung No. 2 Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan.

Secara bersamaan H. Syahrial Tambunan, MBA Selaku Ketua Tanfidziyah PW NU Sumut menyampaikan bahwa Pelaksanaan kurban tahun ini diharapkan agar warga Nahdliyin semakin meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah SWT karena pengorbanan yang sesungguhnya justru sangat tinggi nilainya dilakukan di masa-masa sulit seperti yang dihadapi saat ini yaitu adanya hantaman Pandemi COVID-19 yang membatasi gerak dan langkah masyarakat dalam beraktivitas, karena daging kurban yang disebarkan dan dibagikan ini diprioritaskan kepada Kaum Dhuafa, Fuqoro dan Masakin yang tersebar di Kota Medan dan Deli Serdang.

Semoga Qurban tahun ini diterima Allah SWT serta mengijabah doa seluruh pequrban dan penerima untuk segera mengangkat Virus Corona dari muka bumi, tak lupa juga beliau menambahkan agar seluruh warga masyarakat mendukung penuh usaha pemerintah dalam menjaga seluruh warga Negara terhindar dari Virus COVID 19 dengan mendukung pelaksanaan PPKM Darurat.

Ketua Panitia Drs. H. Misran Sihaloho, M. Si didampingi oleh Panitia lainnya Muas Daulay, S.Pd, M. Pd, Drs. H. Khairudin Hutasuhut, Ahmad Efendi Lubis, Irham Jamian Hasibuan, dan Fauzi Hanim berterima kasih kepada para penyumbang kurban.

Sebenarnya pelaksanaan kurban ini bukan hanya dillaksanakan oleh PW NU Sumut, tetapi juga dilaksanakan oleh Badan Otonom maupun lembaga Nahdlatul Ulama ditingkat Provinsi dan PCNU di berbagai daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dan Warga Nahdliyin lainnya. Ini akan menjadi sebuah kesalehan sosial di tengah wabah Covid-19 dan pelaksanaan kebijakan PPKM Darurat.

Menurut Kyai Khambali selaku Ketua Umum Gema Santri Nusa dan Wakil Sekretaris BPET MUI Pusat sekaligus aktivis muda NU mengatakan bahwa NU di Idul Qurban tahun ini juga sebagian kurban dialihkan untuk bantuan Covid-19 terutama untuk Kaum Mustadh’afiin. PWNU Sumatera Utara dan Banom-banomnya serentak melaksanakan kurban baik sapi maupun kambing.