Pendidikan

Refleksi Akhir Tahun 2021, Ini Capaian Unimed

MEDAN-Universitas Negeri Medan menggelar rapat evaluasi capaian kinerja tahun 2021 di semua fakultas, lembaga, unit di lingkungan Unimed pada 22 hingga 24 Desember 2021 di Labersa Toba Hotel dan Convention Centre, Balige.

Rapat evaluasi yang dibuka oleh Rektor UnimedDr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes ini bertujuan untuk mengevaluasi capaian kinerja yang sudah diraih oleh semua kantor wakil rektor, fakultas, pascasarjana, lembaga, dan unit di lingkungan Unimed. Selain itu, juga mendiskusikan dan menggali potensi dalam merancang program perencanaan dan pengembangan yang akan dilakukan di tahun 2022 mendatang.

Rapat evaluasi tersebut dihadiri Ketua Senat Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Para Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua Lembaga, Wakil Dekan, Kepala Unit dan Staf Ahli.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, berharap, agar kegiatan yang dilakukan di Balige ini dapat mengevaluasi semua program kerja dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh semua pimpinan, lembaga dan unit di lingkungan Unimed.

“Selanjutnya hasil evaluasi yang kita capai, hal-hal yang baik harus kita tingkatkan dan hal yang masih kurang capainnya harus kita cari solusi terbaik untuk kita tingkatkan di tahun 2022. Poin penting dari kinerja capaian yang harus lakukan adalah meningkatkan mutu dan kualitas dosen, kurikulum dan lulusan,” sebutnya.

Dia berharap, semua program kerja dan kegiatan yang dilakukan di tahun 2022, harus diorientasikan pada menghantarkan lulusan Unimed untuk siap bekerja dan langsung memperoleh pekerjaan setelah diwisuda.

“Itulah kebanggaan kita yang luar biasa harus kita wujudkan. Oleh karena itu kita harus fokus pada peningkatan mutu dan kualitas SDM dosen, kurikulum efektifkan dan sesuaikan dengan kondisi dunia kerja saat ini, serta lulusan Unimed harus bermutu, berdaya saing dan siap kerja sesuai bidang dan keahliannya,” jelasnya.

Rektor pada kesempatan itu merinci, beberapa capaian kinerja dan prestasi Unimed di tahun 2021.  Diantaranya, proses perkuliahan daring selama pandemi melalui E-Learning SIPDA UNIMED, atau http://sipda.unimed.ac.id, berjalan dengan lancar dan sukses, akreditasi Program Studi 96 persen  berhasil memperoleh akreditasi Unggul dan “A”, perolehan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat dosen Unimed meningkat secara signifikan., publikasi karya ilmiah di jurnal Internasional dan nasional bereputasi meningkat 84 persen.

“Kemudian, ratusan mahasiswa Unimed berhasil mengukir prestasi di tingkat internasional dan nasional, ratusan kerjasama dalam dan luar negeri telah dilakukan, baik dengan kampus terbaik, Pemerintahan, Perusahaan, Dunia Industri dan Usaha, kerjasama ini untuk mensukseskan program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” bebernya.

Capaian lainnya tambah rektor, ratusan mahasiswa Unimed berhasil kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan magang di sekolah, perusahaan dan dunia industri terbaik dalam program MBKM, dengan hasil akademik yang memuaskan, sebanyak 46 Jurnal Ilmiah di lingkungan Unimed terakreditasi nasional.

“Semua program kerja dan kegiatan di lingkungan Unimed berjalan dengan sukses dan sesuai dengan capaian Renstra Unimed dan berbagai prestasi dan karya lain yang diperoleh oleh dosen dan mahasiswa Unimed ditingkat internasional dan nasional,” pungkasnya. (MS7)