Headline Religi Sumut

Ribuan Umat Ikuti Salat Idul Adha di Padangsidimpuan

Mediasumutku.com | Padangsidimpuan : Ribuan umat Islam mengikuti Salat Sunat Idul Adha di lapangan Masjid Agung Al Abror Kota Padangsidimpuan, Jumat (31/7/2020).

Bertindak sebagai Imam Salat Id, Al Ustad Asrul Dhalimunte (Imam Besar Masjid Agung Al Abror) dan khutbah oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof DR Ibrahim Siregar MCL.

Dalam khutbahnya Prof Ibrahim Siregar MCL mengajak, ribuan jamaah untuk memetik pelajaran dari pengorbanan dua Nabi Allah SWT yaitu Ibrahim dan Ismail.

Menurutnya, ada beberapa makna yang dipetik dalam peristiwa Qurban yang dikisahkan dalam Al Quran yaitu, Nabi Ibrahim As adalah seorang yang sangat hangat demokratis.

“Ini terlihat bagaimana Ibrahim berdialog dulu dengan anaknya sebelum melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih Ismail,” katanya.

Selanjutnya, ada nilai pengorbanan, ujian kepemimpinan, doa agar keturunannya menjadi pemimpin-pemimpin yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

“Ini terbukti, anak dan keturunan Nabi Ibrahim As banyak yang menjadi Nabi atau pemimpin Ummat Islam termasuk Nabi Besar Muhammad SAW,” ujarnya.

Selain itu kata Ibrahim, ada dua hal lain yang terkandung dalam peristiwa tersebut yaitu Tauhid serta permohonan agar keturunannya menjadi pemimpin yang intelektual.

“Nilai pesan kisah Ibrahim As ini, tetap aktual hingga saat ini,” tandasnya.