Ekonomi

Rupiah Ditutup Merosot 0,09%

mediasumutku.com | JAKARTA – Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Selasa (19/11) kurs rupiah ditutup melemah 0,09% ke level Rp 14.090 per dollar AS. Sedangkan di kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau JISDOR, rupiah melemah 0,11% menjadi Rp 14.091 per dollar AS.

Kurs rupiah melemah terhadap dollar pada Selasa (19/11). Masih simpang siurnya prospek penyelesaian perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China menjadi sentimen yang menekan rupiah.

Ekonom Bank BCA David Sumual mengatakan, pasar mulai meragukan kemajuan perundingan perang dagang antara AS dengan China. Sikap pemimpin AS dan China yang tarik ulur, membuat pasar cenderung beralih ke aset safe hafen.

“Rupiah yang cenderung terkoreksi tipis ini masih karena isu eksternal. Sedangkan dari domestik, pasar masih menunggu hasil rapat Bank Indonesia (BI),” kata David.

Untuk perdagangan, Rabu (20/11), David memperkirakan rupiah masih akan terkoreksi tipis. Sentimen utamanya masih dari eksternal, khususnya perkembangan isu perang dagang AS dan China.

“Rupiah masih akan bergerak melemah tipis besok, di kisaran Rp 14.050 per dollar AS hingga Rp 14.100 per dollar AS,” imbuhnya.