Ekonomi

Rupiah Turun, IHSG Masih Mampu Naik

mediasumutku.com| MEDAN- Rupiah pada perdagangan hari ini ditutup melemah di level 14.070 per US Dolar. Kinerja mata uang Rupiah melemah di level 14.070 per US Dolar setelah sempat melemah hingga ke level 14.095 per US Dolar selama sesi perdagangan.
Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, kinerja mata uang rupiah mengalami pelemahan seiring dengan memburuknya kinerja mata uang di sejumlah negara asia lainnya.
“Sementara itu, kinerja IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) masih mampu ditutup menguat 0.5% di level 5.557,52. Tidak seperti bursa di negara asia yang sebagian mengalami koreksi, IHSG justru mampu melanjutkan tren penguatan meskipun laju penguatan IHSG tidak sebaik kinerja di awal sesi perdagangan pembukaan,” katanya, Rabu (18/11/2020).
Namun, kebanyakan bursa di Eropa justru dibuka negatif seiring dengan penyebaran Covid 19 yang terus memburuk. Bahkan beberapa negara eropa mengambil langkah untuk memberlakukan lockdown yang mengakibatkan aktifitas ekonomi terhenti.
“Pasar keuangan secara keseluruhan masih menanti data ketanaga kerjaan yang akan dirilis AS pada akhir pekan ini. Disisi lain, pelaku pasar saat ini tengah menanti bagaimana Presiden AS yang  baru nantinya akan merumuskan kebijakan. Khususnya terkait dengan Militer dan Ekonomi terhadap sejumlah negara lainnya,” pungkasnya. (MS11/foto:ilustrasi)

Tinggalkan Balasan