Berita Sumut Ekonomi Headline Medan Sumut

Sandiaga Uno Endorse Produk UMKM, Musa Rajekshah Yakin UMKM Bisa Ekspor

MEDAN – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan sesi foto endorse produk UMKM di acara KaTa Kreatif di Medan Club, Senin (8/11).

Foto endorse sebagai promosi produk ini diyakini mampu mendongkrak penjualan produk UMKM hingga 35 sampai 40%. “Kita foto dengan pelaku atau produk UMKM maka akan ada peningkatan 35 sampai 40% omset penjualan, dan ini betul Pak Wakil Gubernur sudah ada penelitiannya. Untuk itu, kepada teman-teman saya berikan waktu jangan rebutan yah, bergantian,” ujarnya.

Lanjut Sandi, program Kabupaten Kota Kreatif (KaTa Kreatif) oleh Kemenparekraf berkolaborasi dengan pemerintah daerah ini untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dengan mendorong para pelaku usaha beradaptasi, inovasi, dan kolaborasi.

Selain itu, lanjut Sandiaga Uno untuk membangkitkan kembali semangat pelaku usaha ekonomi kreatif pada subsektor Fesyen, Kriya dan Kuliner di platform digital, pihaknya juga telah meluncurkan Stimulus Bangga Buatan Indonesia (SBBI).

“Melalui bantuan stimulus ini, UMKM akan mendapatkan Rp50 juta dan masih ada tersisa 3.000 kuota untuk UMKM. Silakan untuk teman-teman pelaku UMKM di Sumut, khususnya di Kota Medan untuk berpartisipasi karena ini murni program stimulus nggak pake ribet. Mudah-mudahan ini bisa menjadi penggerak ekonomi dan membuka lapangan kerja di Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Wagub Musa Rajekshah mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah menggelar kegiatan-kegiatan yang membantu ekonomi kreatif yang ada di Sumut bangkit.

“Kita tahu suasana pandemi ini, pastinya masyarakat kita sangat terasa secara ekonomi Pak. Sangat terasa perbedaannya dari sebelumnya, belum lagi saat ini banyak perusahaan-perusahaan khusus industri yang tutup atau mengurangi pekerjanya. Kami juga secara anggaran dari pusat juga ada pengurangan baik itu ke Provinsi dan Kabupaten/Kota dan kita harapkan pembangunan kita ini tidak hanya sebatas pembangunan fisik infrastruktur tapi bagaimana pembangunan untuk meningkatkan ekonomi di daerah dan acara ini sangat membantu pelaku usaha,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

Ijeck menambahkan, suasana pandemi menjadikan segala kegiatan, khususnya pemasaran produk menjadi efisien dengan menggunakan digital. Ia berharap Kemenparekraf untuk terus memberikan edukasi atau pelatihan kepada para pelaku ekonomi kreatif agar bisa terus berinovasi di tengah-tengah persaingan yang semakin kuat.

“Kepada Bapak Menteri kami berharap kegiatan ini jangan berhenti di sini. Kemajuan dunia saat ini memaksa pelaku usaha untuk terus berinovasi baik inovasi kemasan, kualitas produk dan lainnya,” ujarnya.

Ijeck juga berharap kepada pelaku usaha ekonomi kreatif untuk terus maju baik di skala lokal, nasional hingga produk tersebut bisa dikenal hingga di negara lain. “Insya Allah, jangan hanya berpikir cuma skala lokal atau nasional tapi kita harus berpikir bagaimana kita bisa mengekspor produk kita. Kalau ada kemauan saya yakin kita pasti bisa,” jelas Ijeck.

Ia juga meminta kepada Menteri Sandiaga Uno untuk mendukung pembangunan pariwisata di Sumut, bukan hanya Danau Toba tapi juga Tangkahan, Bukit Lawang hingga Nias dan tanpa melupakan daerah lainnya.

Sementara itu, owner Bakso Makiji Winda mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan Musa Rajekshah yang telah endorse atau mempromosikan produk usahanya dan berharap omset jualannya bisa naik karena lebih dikenal oleh masyarakat dengan foto endorse tersebut.