Headline

Selama Sepekan, Rupiah Cenderung Stabil Menguat

mediasumutku.com | JAKARTA – Sepekan terakhir, pergerakan rupiah terhadap dollar AS cenderung stabil menguat. Pada pekan depan, pergerakan rupiah diperkirakan moderat dengan kecenderungan melemah lantaran permintaan dollar AS untuk akhir tahun meningkat.

Berdasarkan data Bloomberg, Jumat (6/12) pukul 17.27 WIB, rupiah menguat 0,22% ke level Rp 14.038 per dollar AS. Di kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau JISDOR, rupiah menguat 0,40% menjadi Rp 14.037 per dollar AS.

Ekonom Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih mengatakan, pergerakan rupiah dalam sepekan ini cenderung menguat. Hal ini disebabkan tiga hal. Pertama, karena pergerakan dollar AS yang cenderung melemah dan berdampak positif bagi rupiah. Kedua, didukung oleh sentimen mata uang regional yang cenderung menguat terhadap dollar AS.

“Terakhir, penguatan rupiah juga tertolong masuknya dana asing, tercermin dari kepemilikan obligasi oleh asing yang terus meningkat,” jelas Lana.

Untuk sepekan depan, Lana memperkirakan, rupiah akan bergerak moderat dengan kecenderungan melemah di kisaran Rp 14.100 per dolllar AS hingga Rp 14.200 per dollar AS. Faktor penekan rupiah berasal dari kebutuhan dollar AS yang meningkat disetiap bulan Desember.

“Desember permintaan dollar AS meningkat untuk kewajiban pembayaran utang dan pemenuhan kebutuhan akhir tahun,” kata Lana.

Lana juga mengatakan, perkembangan perundingan perang dagang antara AS dengan China akan memengaruhi pergerakan rupiah. Apabila kesepakatan batal dicapai di akhir tahun ini, ada potensi pergerakan rupiah akan tertekan cukup dalam.