Peristiwa

Seluruh Kru Pesawat Terbang di Bandara Kualanamu Jalani Tes Urine

mediasumutku.com | DELISERDANG – Menjelang tahun baru 2020, Pilot, kopilot, dan kru pesawat terbang menjalani pemeriksaan untuk memastikan mereka tidak menggunakan narkoba saat bertugas. Pemeriksaan dilakukan Badan Narkotika Nasional, Polda Sumut, dan Polres Deli Serdang.

Kepala BNN Deli Serdang, AKBP Safwan Khayat mengatakan, pemeriksaan dilakukan pada Senin (30/12) kemarin. Dari sekitar 20 orang yang diperiksa, hasilnya negative semua. Sebelumnya juga dilakukan pemeriksaan serupa pada angkutan darat dan laut.

“Kita ingin memastikan mereka (pilot, kopilot, dan kru) melakukan penerbangan membawa masyarakat tidak menggunakan narkoba,” kata Safwan, Selasa (31/12).
Sejumlah pemeriksaan yang dilakukan berupa tes fisik pada mata menggunakan senter dan mulut. Apabila ada yang dicurigai, dilakukan tes urine.

“Ada 2 orang kita curigai, dilakukan tes urine. Hasilnya negatif,” ujarnya.

Pilot Lion Air, Agung Prabowo, sepat heran dengan pemeriksaan. Biasanya pemeriksaan dilakukan sebelum keeberangkatan.

“Kali ini baru mendarat dari Jakarta diminta masuk ke sebuah ruangan untuk diperiksa. Tes urine tidak setiap hari, biasanya sebelum keberangkatan,” ungkapnya.

Pilot Wings Air, Gentur menyebut, biasanya pemeriksaan dilakukan saat pagi sebelum terbang dicek tensi. Untuk tes urine ada dicek, tetapi tidak rutin.

“Sudah dua saya hari terbang. Tadi dites urine dan hasilnya negatif,” sebutnya.