Politik

Sofyan Tan : Pariwisata, Sektor Yang Berpotensi Majukan Sergai

mediasumutku.com| SERGAI- Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memiliki bibir pantai yang sangat bagus yang merupakan salah satu icon pariwisata Serdang Bedagai. Jika itu dikelola dengan serius, maka akan menghasilkan devisa negara. Sebab, pengunjung lokal maupun manca negara sangat suka sekali dengan pemandangan dan suasana pantai yang indah.

Hal itu disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Komisi X Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjuangan) dr. Sofyan Tan didampingi Calon Bupati Sergai, Darma Wijaya kepada media ini, pada acara bimbingan teknis sinkronisasi new normal promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di pasar Asia bertempat di Pantai Pondok Permai Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (15/10/2020).

Lebih lanjut disampaikan dr. Sofyan Tan, dilihat dari situasi yang seperti ini, dan dibarengi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, maka sektor pariwisata akan menjadi sektor utama yang bersamaan dengan sektor pertanian dalam memajukan perekonomian masyarakat, sebab jika pariwisata di dikelola dengan baik dan serius, para turis lokal maupun Internasional tidak akan segan lagi untuk datang dan menyantap menu makanan yang disediakan pengelola pariwisata.

“Nah, dengan semakin banyaknya turis yang singgah dan menyantap menu hidangan, makan akan berdampak baik dengan petani dan nelayan serta memberikan efek pada tumbuhnya ekonomi masyarakat di sekitar tempat pariwisata,”tegasnya

Sofyan Tan juga menilai, bahwa dalam kurun waktu 10 (Sepulu) tahun belakangan ini, Kabupaten Serdang Bedagai belum ada kemajuan yang cukup signifikan. Dan, kemajuan yang terjadi tidak seiring dengan apa yang diharapkan masyarakat Sergai.

“Untuk itu, pemerintah harus menempatkan pariwisata menjadi sektor yang paling diandalkan dalam perekonomian setelah minyak dan gas hampir habis,”ujarnya.

Oleh sebab itu, lamjutnya, perhatiannya sebagai Anggota DPR-RI untuk melihat bagaimana membangun SDM yang baik serta menjadikan Infrastruktur yang mulus di daerah ini.

“Sebab jika Infrastruktur tidak baik, maka kondisi ini tidak akan membuat pariwisata kita maju”, sebutnya.

Dalam hal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serdang Bedagai periode 2021-2024, nantinya jika Darma Wijaya terpilih sebagai Bupati Sergai, maka Sergai akan maju pesat, sebab seluruh Kader PDI-Perjuangan dan kader lainnya mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah akan bekerja sama membangun Sergai menjadi Kabupaten yang maju dan sejahtera.

Calon Bupati Sergai, Darma Wijaya mengatakan, hal yang sama. Menurutnya, perhatian utama dalam mensukseskan Sergai Maju Terus “Mandiri, Sejahtera dan Religius” adalah dengan membenahi infrastruktur dan Sumber Daya Manusia

Darma Wijaya mencontohkan, “Jika ada sebuah objek wisata, namun jalan yang harus dilalui mengalami kerusakan yang cukup parah, secara langsung hal itu akan mematahkan semangat dan keinginan para wisatawan untuk hadir dan berkunjung di tempat wisata tersebut. Nah, hal itu akan membuat perputaran ekonomi masyarakat sekitar objek wisata menjadi lambat, yang mengakibatkan target kesejahteraan masyarakat tidak tercapai”, ungkapnya

Maka dengan mengambil visi Sergai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius merupakan target utama suksesnya pencapaian pembangunan di masyarakat, secara garis besarnya jika Infrastruktur mulus.

“Maka kesejahteraan yang akan hadir dan membuat nilai SDM masyarakat menjadi meningkat, maka ketenangan berkebutuhan pula yang akan terjadi dengan dampak semakin meningkatnya kekuatan Religi dalam diri setiap masyarakat Sergai,”ujarnya.

Selain Anggota DPR-RI Komisi X Fraksi PDI-Perjuangan dr. Sofyan Tan, hadir juga Anggota DPRD Sergai Fraksi PDI-Perjuangan Togar Situmorang, Tokoh Masyarakat Sergai, Usman Effendi Sitorus. (MS6)

Tinggalkan Balasan