Ekonomi

Sore Ini, Rupiah Bertaring di Level Rp13.998/U$D

mediasumutku.com | JAKARTA – Berdasarkan data Bloomberg pada Pukul 16.00 WIB, rupiah ke Rp 13.998 per dolar AS atau menguat 0,18% dibandingkan pada penutupan kemarin Rp 14.023 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah ditutup menguat hadapan dolar Amerika Serikat (AS), Kamis (7/11). Sedangkan Nilai tukar rupiah pada kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) juga ikut melemah di hadapan dolar Amerika Serikat (AS), rupiah Jisdor pada level Rp 14.040 atau melemah 0,34% dari posisi kemarin Rp 13.992 per dolar AS.

Pagi ini, dolar AS terbelenggu sentimen kesepakatan perdagangan AS dan China yang mungkin akan mundur pada akhir tahun ini. Mengecilkan optimisme pasar.

Reuters melaporkan pada hari Rabu (6/11) pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk menandatangani kesepakatan perdagangan sementara dapat ditunda hingga Desember karena diskusi terus berlanjut mengenai persyaratan dan tempat.

Sebelumnya, ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, the greenback terangkat setelah meredanya tensi perang dagang antara AS dan China.

Optimisme pasar kembali muncul setelah Presiden China Xi Jinping menyatakan, kedua negara adikuasa tersebut siap memberikan solusi lebih jelas untuk mengakhiri perang dagang yang sudah berjalan lebih dari satu tahun.