Kesehatan

Sudah 563 Masyarakat Asahan Terkonfirmasi Positif Covid-19

mediasumutku.com | ASAHAN-Pemerintah Kabupaten Asahan melalui data yang dikelola Dinas Kesehatan terus memperbaharui sebaran rekapitulasi virus corona pada seluruh kecamatan. Dari data yang diterima, Jumat (12/2/2021) telah tercatat total 563 orang telah konfirmasi positif Covid-19 di Asahan.

Sejak kasus covid-19 pertama kali ditemukan di Asahan pada bulan Maret tahun lalu hingga kini tercatat sudah 31 orang meninggal dunia. Sementara itu, ada 462 orang dinyatakan sembuh dan 70 orang lagi saat ini menjalani perawatan.

Dari total 25 kecamatan di Kabupaten Asahan, kecamatan Kisaran Timur merupakan daerah yang paling banyak ditemui kasus positif yakni 161 kasus terkonfirmasi, 9 orang diantaranya meninggal dunia. Diikuti kecamatan Kisaran Barat 118 kasus terkonfirmasi, dan 6 warganya meninggal dunia.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar mengatakan, pihaknya tetap berupaya memberikan edukasi dan pembiasaan diri ke masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih sehat, dengan 5 M memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Sementara, upaya kita untuk menekan laju covid-19 ini salah satunya kita telah sukseskan pelaksanaan vaksinasi bagi seluruh tenaga kesehatan di Asahan. Ada sebanyak 2.153 tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksin pada tahap pertama, bersama sejumlah pejabat,” kata Hidayat.

Vaksinisasi tenaga kesehatan itu, kata dia telah dilakukan secara bertahap di 35 fasilitas kesehatan termasuk pada 29 Puskesmas di Asahan mulai tanggal 8 hingga 12 Februari, kemudian vaksinasi kepada 10 pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sebelumnya, Pemkab Asahan menerima 4.440 vaksin Sinovac pada Senin, (1/2) lalu berserta sejumlah perlengkapan kesehatan lainnya.  (MS10)