Ekonomi

Telkomsel dan PPUMI Bersinergi Wujudkan Akselerasi Transformasi Digital UMKM

MEDAN- Telkomsel terus berupaya memperluas pemanfaatan ekosistem digital yang dimiliki untuk mengakselerasi perkembangan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai upaya nyata perusahaan dalam mendorong perekonomian bangsa.

Komitmen tersebut kini diimplementasikan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise dengan menjalin kolaborasi bersama organisasi Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) untuk meningkatkan literasi digital UMKM agar dapat lebih berdaya di tengah kondisi yang menantang dengan memaksimalkan layanan dan solusi digital terintegrasi Telkomsel. Inisiatif strategis ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kedua belah pihak.

Senior Vice President Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan, Indonesia masih memiliki tantangan dalam mendorong lebih banyak lagi pelaku UMKM lokal untuk lebih go digital. Minimnya pendampingan serta pemahaman tentang digitalisasi dan potensi teknologi sebagai sarana pengembangan bisnis sering menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banyaknya pelaku UMKM yang masih menggunakan cara konvensional dalam pengembangan bisnisnya.

“Melalui kolaborasi ini, Telkomsel kembali menegaskan komitmennya sebagai leading digital telco yang memiliki konsistensi dalam upaya membuka seluas-luasnya akses digital bagi seluruh lapisan masyarakat termasuk membuka lebih banyak peluang bagi pelaku UMKM lokal Indonesia bisa melesat dengan digital,” katanya.

Demikian halnya dengan Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) yang juga dalam deklarasi dan pengembangannya menarik perhatian banyak pihak, karena selain urusan bisnis yang dilakukan oleh kaum perempuan, ini juga menjadi perhatian Presiden saat beliau menyampaikan pidatonya pada acara KTT G20 di La Nuvola, Roma, dimana UMKM merupakan penggerak ekonomi nasional di saat pandemi Covid-19 menimpa negeri ini.

“Tentunya kami harus terus meningkatkan upaya dan usaha bagi UMKM dalam mengembangkan dirinya terutama dalam hal Digitalisasi. Segala sesuatunya dan transaksi apapun yang dilakukan saat ini sudah harus menggunakan digital tidak hanya diperkotaan saja, akan tetapi merambah sampai ke pedesaan,” jelasnya.

Ketua Umum PPUMI Munifah Syanwani mengatakan, PPUMI bekerja sama dengan Telkomsel sedang mempersiapkan berbagai inisiatif terkait dengan digitalisasi UMKM, mulai dari sosialisasi, edukasi dan pembinaan yang akan di lakukan rutin secara nasional, sekaligus mempersiapkan inisiatif terkait pembiayaan atau akses permodalan serta pasar, yang semuanya sudah mengarah kepada sistem digitalisasi.

“Upaya kolaboratif ini mendorong peran Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler untuk meningkatkan literasi digital para pelaku UMKM melalui berbagai kegiatan. Inisiatif tersebut meliputi penyelenggaraan webinar maupun seminar yang bertujuan meningkatkan pemahaman tentang digital marketing, menggelar workshop untuk membantu pelaku UMKM dalam mengoptimalkan layanan digitalisasi terintegrasi, serta penyediaan beragam konten edukasi terkait digital marketing dan sertifikasi halal untuk pengembangan UMKM melalui platform 99% Usahaku,” sebutnya.

Layanan 99% Usahaku merupakan platform multifungsi yang dihadirkan Telkomsel untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM. Platform 99% Usahaku memiliki berbagai fitur terdepan yang dapat membantu para pelaku usaha UMKM dalam meningkatkan pengetahuan bisnis, meningkatkan produktivitas secara digital, membuka akses permodalan, hingga memperluas pemasaran sampai ke luar negeri.

Dalam implementasinya, Telkomsel akan memaksimalkan pemanfaatan ekosistem digital 99% Usahaku dalam kolaborasi ini untuk dapat meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan digital para pelaku UMKM sehingga mampu mengakselerasi transformasi sektor UMKM secara nasional.

“Kolaborasi ini menjadi bagian dari langkah nyata Telkomsel dalam mendukung UMKM Go Digital, yang merupakan program pemerintah untuk semakin meningkatkan daya saing UMKM hingga ke taraf global. Kami berharap kolaborasi ini dapat mewujudkan pemberdayaan UMKM yang lebih komprehensif, serta membantu transformasi digital lintas sektor yang lebih merata dan cepat untuk memperkuat perekonomian nasional melalui pemanfaatan layanan dan solusi digital yang terintegrasi,” tutup Dharma.(MS11)