Ekonomi

Tiga Dimensi Utama Jadi Fokus Menteri Perdagangan APEC

mediasumutku.com| MEDAN- Para Menteri Perdagangan APEC menggarisbawahi fokus agenda kerja APEC pada tiga dimensi utama.

Diantaranya, mempermudah akses barang esensial termasuk vaksin dan produk terkait vaksin; membuka kembali perjalanan internasional dengan aman; serta memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan fasilitasi perdagangan, memperkuat rantai pasok, dan meningkatkan daya saing pelaku usaha serta UMKM.

“Dalam pertemuan APEC ini, para Menteri Perdagangan APEC juga telah menyepakati pernyataan bersama (APEC MRT Joint Statement 2021) sebagai wujud komitmen seluruh Ekonomi APEC dalam mengambil langkah konkret untuk berkontribusi terhadap upaya pemulihan ekonomi di kawasan,” kata Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi, Selasa (8/6/2021).

Pertemuan ini juga menegaskan kembali upaya kolektif APEC dalam mendorong peran penting sektor perdagangan barang dan jasa terkait, komitmen memperkuat sistem perdagangan multilateral, serta upaya mencapai kemakmuran bersama.

“APEC memegang peran kunci dalam memperkuat kerja sama dan komitmen untuk berkolaborasi mengatasi dampak pandemi,”ujarnya.

Indonesia terus mendukung berbagai upaya untuk memperkaya dialog dan pertukaran informasi kebijakan di antara anggota Ekonomi APEC dalam rangka memastikan pemulihan ekonomi yang kuat di kawasan dan selaras dengan kepentingan nasional. (MS11)

Tinggalkan Balasan