Medan

Tingkatkan Pelayanan, Kecamatan Medan Amplas Sediakan Whatsapp Center

MEDAN-Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Medan Amplas, jajaran Kecamatan Medan Amplas menyediakan layanan WhatsApp (WA) Center. WA Center ini dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan sekaligus juga memproleh informasi mengenai penerbitan administrasi kependudukan yang sedang di urus masyarakat.

Camat Medan Amplas, Irfan Asardi Siregar saat ditemui diruang kerjanya mengungkapkan, layanan melalui whatsaap center ini sangat membantu masyarakat Medan Amplas dalam memproleh pelayanan. Sebab masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan pengaduanya dan juga ini menjadi sarana bagi Kecamatan untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai administrasi kependudukan yang telah selesai dikerjakan oleh pihak Kecamatan.

“Melalui whatsapp ini masyarakat dapat menyampaikan pengaduanya ke kita, dan kita juga memanfaatkan whatsapp ini untuk menginformasikan kepada masyarakat apabila surat-surat kependudukan yang mereka urus telah terbit, nanti surat-surat tersebut dapat langsung diambil oleh masyarakat ke Kantor Kecamatan ataupun kita antar langsung ke rumah masyarakat, ini untuk memudahkan masyarakat,” kata Irfan, Senin (24/1/2022).

Kedepanya, lanjut Irfan, layanan melalui whatsapp center ini akan terus ditingkatkan dengan menjadikan sebuah aplikasi sehingga masyarakat dapat semakin mudah menyampaikan pengaduanya apakah itu berkaitan dengan masalah layanan kependudukan, kebersihan, dan masalah lainya.

“Kedepan kita sudah merencanakan akan membuat aplikasi yang kita beri nama “TELEPATI” yakni temu cepat, lapor cepat dan kita tindaklanjuti, tentu kita akan berkoordinasi dengan OPD terkait sehingga nantinya apabila ada aduan dari masyarakat dapat segera kita tindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan OPD terkait lainya sehingga layanan kita betul-betul dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,”sebutnya.

Disamping memberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat,  dalam mendukung lima program prioritas yang telah di tetapkan Walikota Medan, Bobby Nasution, Camat Medan Amplas, Irfan Asardi Siregar juga menjelaskan pihaknya terus melakukan berbagai langkah guna mendukung kelima program prioritas tersebut.

Di bidang pengembangan UMKM, Irfan Asardi Siregar menyebutkan, pihaknya secara rutin memberikan pelatihan bagi para pelaku UMKM yang ada di Kec. Medan Amplas. Bahkan hingga saat ini sudah ada 25 pelaku UMKM yang menjadi binaan Kec. Medan Amplas. Selain itu Kec. Medan Amplas juga turut membantu memasarkan produk dari para pelaku UMKM tersebut dengan menjalin kerjasama dengan Indogrosir sehingga diharapkan dapat mendorong penjualan produk hasil UMKM.

“Ini kita lakukan untuk membantu pelaku UMKM yang ada di wiliayah kita agar dapat bertahan bahkan berkembang meskipun ditengah pandemi covid-19, jadi kita fokus memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM kita termasuk membantu memasarkan produk yang dihasilkan,”jelasnya.

Sedangkan untuk bidang kesehatan, Kecamatan Medan Amplas secara rutin menggelar vaksinasi covid-19 terkhusus untuk lansia dan anak-anak dengan berkolaborasi bersama Puskesmas.

“Vaksinasi ini terus kita pantau pelaksanaanya agar mencapai target yang telah ditentukan oleh Pemerintah.”kata Irfan Asardi Siregar sembari menyebutkan pihaknya sampai dengan hari ini juga tetap melakukan patroli PPKM yang hasilnya tidak ada lagi penularan covid-19 di wilayah Kec. Medan Amplas.

Sementara itu, untuk bidang kebersihan, Irfan Asardi Siregar menjelaskan jajarannya secara rutin melakukan penyisiran sampah mulai dari pagi, siang, sore hingga malam hari yang dilakukan hampir 24 jam mengingat di wilayah Kecamatan Medan Amplas memiliki jalan protokol yang sangat panjang mulai dari batas kota hingga simp. Limun yang harus terus dijaga kebersihanya.

“Sedangkan untuk infrastruktur, kita berkolaborasi dengan OPD terkait guna melaksanakan perbaikan jalan serta juga melakukan pembetonan jalan dan parit yang ada di setiap gang dengan menggunakan anggaran dari dana Kelurahan. Insyah allah di tahun 2022 realisasi penggunaan dana kelurahan ini akan semakin kita percepat lagi agar manfaat dana kelurahan ini semakin cepat dirasakan langsung oleh masyarakat,” terangnya.

Dan yang terakhir di bidang penanganan masalah banjir, Irfan Asardi Siregar mengungkapkan jajarannya berkolaborasi dengan Dinas PU melakukan normalisasi drainase dan pembersihan saluran inlet terutama dijalan protokol.

“Secara rutin kita melakukan pembersihan drainase dan saluran inlet agar tidak ada parit yang tersumbat untuk menghindari terjadinya banjir khususnya dijalan protokol,” ujarnya. (MS7)