Headline Kabar dukacita

Topi Kesayangan Mendiang Ciputra Ikut Dikebumikan

mediasumutku.com | JAKARTA – Berpulangnya salah satu pengusaha properti ternama di Indonesia, Chairman dan Founder Grup Ciputra Dr (HC), Almarhum Ir. Ciputra meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, teman, bahkan warga Indonesia.

Mulai dari komedian Pandji Pragiwaksono sampai Basuki Tjahaja Purnama atau BTP mengucapkan belasungkawanya.

Pemakaman Ciputra-pun juga menjadi sorotan media. Pihak redaksi merangkum fakta-fakta dibalik pemakaman pengusaha yang masuk 50 daftar nama orang terkaya di Indonesia 2019 versi Forbes, Sabtu (7/12/2019):

1. Dimakamkan di Jonggol Cileungsi
Jenazah Pengusaha Properti Ciputra itu Pemakaman itu dimulai sekitar pukul 11.10 WIB.

2. Pemakaman Ciputra Dihadiri 500 Orang
Pada hari pemakaman, terdapat ratusan orang yang datang ke Jonggol untuk melihat mendiang Ciputra untuk terakhir kali.

“Kemungkinan ada 500 orang yang datang pada acara pemakaman Almarhum Ir. Ciputra ini,” kata Sandy salah satu karyawan Ciputra.

3. Topi Kesayangan Ciputra Ikut Dikebumikan
Alm. Ciputra kerap terlihat sering terlihat memakai aksesoris kepala yaitu topi. Topi jenis fendora pun menjadi ciri khas penggagas Pasar Senen dan Taman Hiburan Ancol itu.

Namun, ternyata terdapat satu topi kesayangan dari Ciputra. Topi itu adalah topi baret yang dibeli oleh cucu Ciputra di Amerika.

“Ayah saya itu selalu merasa dingin kan kalau keluar malam jadi kepalanya itu selalu ditutup. Jadi semula memakai topi seperti orang Rusia yang dari wol. Tetapi sesudah beberapa lama kemudian ada keponakan saya, anak dari pak Candra Ciputra, itu beli sebuah topi dari Amerika yang bentuknya kayak baret jadi ayah saya senang pakai itu dan berfoto di mana,” jelas Rina Ciputra Sastrawinata, putri mendiang Ciputra.

Rina juga menambahkan, jika sang ayah memakai topi itu, Ciputra akan merasa lebih gagah.

4. Ciputra Wafat Pada Usia 88 Tahun
Mendiang Ciputra sempat dirawat 42 hari di salah satu rumah sakit di Singapura sebelum menghembuskan napas terakhir pada 27 November 2019.

“Ayah (Ciputra), kami dirawat beberapa Minggu. Tepatnya 42 hari sebelum kepergiannya,” kata Putri dari Almarhum, Rina Ciputra Sastrawinata di Artpreneur Ciputra World 1, Kuningan Jakarta.[oke]