Headline Kesehatan Nasional

UGM Pasok Bantuan Oksigen ke RS Sardjito dan RSA

mediasumutku.com | YOGYAKARTA–Setelah menyiapkan beberapa selter bagi pasien Covid-19, UGM terus bergerak dan berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid di masa PPKM Darurat. Dengan menggandeng alumni dan mitra, yakni PT Kaltim Methanol Industri dan PT PLN (Persero) tadi malam telah datang bantuan pasokan oksigen untuk RS Sardjito. Sementara itu, saat ini juga tengah dalam perjalanan ke Jogja Tanki 02 KMI dari Cilegon yang membawa sebanyak 12 ton oksigen untuk RSA UGM.
Baca: UGM Berikan Layanan Inklusif Bagi Seluruh Sivitas

“Sebanyak 15 ton dari PT KMI dan 4 ton dari PT PLN tiba tadi malam,” kata Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni, Prof. Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M., Kamis 15 Juli 2021.

Paripurna menuturkan, kedatangan pasokan oksigen ini tidak lepas dari peran alumni, yaitu Direktur Umum PT KMI sekaligus Ketua Katgama, Ir. Agus Priyatno, para mitra maupun Ketua Majelis Wali Amanat, Prof. Pratikno, yang turut membantu mengoordinasi datangnya bantuan. Pendistribusian oksigen yang sudah datang ini nantinya akan dikoordinir oleh RS Sardjito.
Baca: UGM Jadikan Wisma Kagama dan UC Hotel sebagai Selter

“Harapannya ini akan mencegah atau mengantisipasi kekosongan oksigen di RS Sardjito,” imbuh Paripurna.

Tidak hanya saat ini, PT KMI dan PT PLN (Persero) juga berkomitmen untuk menjaga kontinuitas ketersediaan oksigen di RS Sardjito. PLN sebelumnya juga telah berkoordinasi dengan Kemenkes untuk turut memantau berbagai rumah sakit yang mendesak mendapatkan bantuan pasokan oksigen