Berita Sumut Pendidikan Sumut

Universitas Asahan Luluskan 453 Sarjana Angkatan XXVIII

ASAHAN – Rektor Universitas Asahan, Prof Dr. Tri Harsono, M.Si, melantik sebanyak 453 orang lulusan sarjana Universitas Asahan (UNA) angkatan ke- XXVIII tahun 2021 dilantik, di gedung kampus setempat, pada Sabtu (18/12/2021).

Mewakili civitas akademika Universitas Asahan, Rektor menyampaikan penghargaan dan selamat kepada para wisudawan atas ketekunan, keuletan dan keberhasilan saudara dalam menyelesaikan pendidikan di program studi masing-masing.

“Saya percaya, belajar secara sungguh-sungguh selama di Universitas Asahan merupakan pengalaman yang sangat bermanfaat untuk meniti karier saudara di dunia kerja,”terang Rektor.

Ia juga berpesan, kepada para wisudawan akan bertukar dari dunia pendidikan ke dunia kerja dengan tantangan Revolusi industri 4.0 yang diwarnai dengan Big Data, Internet of Things, dan Artificial Inteligence (good bye PNS).

“Menjadi tantangan baru bagi anda untuk dapat berinovasi pada tantangan disrupsi lapangan kerja, dan meraih peluang lapangan kerja di era kemelimpahan lapangan kerja baru nantinya yang dikenal sebagai era ‘abundance’. Anda tidak dapat berpangku tangan menunggu tersedianya lapangan kerja (menjadi job seeker) tetapi harus dapat berkreasi untuk menciptakan lapangan kerja baru (menjadi job maker atau job creator). Kemampuan berpikir kritis dan inovatif yang telah Anda asah selama mengenyam pendidikan tinggi di UNA harus dibarengi dengan kemampuan berkomunikasi aktif dan efektif, serta kemampuan bekerja dalam tim kerja, berkolaborasi dengan berbagai keahlian dalam melakukan satu jenis pekerjaan,” pesannya.

Sementara itu Ketua Yayasan UNA, Mapilindo M.Pd, turut menyampaikan penghargaan dan terima kasihnya kepada seluruh Bapak/Ibu Dosen di Universitas Asahan serta seluruh tenaga kependidikan Universitas Asahan atas segala keikhlasan dan kesungguhannya dalam melaksanakan semua layanan administrasi dan akademik kepada seluruh mahasiswa UNA.

“Para wisudawan yang kami banggakan, pada acara wisuda hari ini seluruh perhatian hadirin berpusat pada keberhasilan anda. Masyarakat menunggu tanggung-jawab Saudara terhadap pilihan yang telah Saudara pilih. Keberhasilan yang Saudara capai hari ini bukanlah semata-mata milik Saudara. Oleh karena itu, di balik keberhasilan tersebut, saudara dituntut untuk dapat mengakualisasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh agar bermanfaat bagi orang lain. Secara langsung maupun tidak langsung orang-orang di sekitar anda ikut berkontribusi terhadap keberhasilan saudara,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Prof Dr. Ibnu Hajar M.Si, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I, melalui Herianto M.Si mengatakan para wisudawan kemampuan akademik yang tinggi, tetapi itu saja belum cukup. Keberhasilan itu hanya dapat dicapai dengan disiplin, motivasi, kerja keras, cerdas secara sistematik dan ketangguhan lahir batin.

“Oleh karena itu, pesan saya kepada para wisudawan untuk tidak berhenti belajar setelah wisuda ini. Belajarlah terus untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang belum Anda peroleh di perguruan tinggi. Bangun jaringan (network) ke berbagai bidang pekerjaan, baik sebagai individu, komunitas, maupun organisasi. Jangan berhenti oleh satu kegagalan. Sebab orang gagal bukan karena tidak mampu, tapi karena terlalu cepat berhenti,” pesannya.

Adapun, jumlah wisudawan yang dilantik dan dikukuhkan terdiri dari lulusan Fakultas Teknik 69 orang, Fakultas Pertanian 61 orang, Fakultas Ekonomi 120 orang, Fakultas Hukum 65 orang serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 138 orang.

Dalam kesempatan itu, diumumkan juga wisudawan dengan lulusan terbaik yakni Putri Santiya (Argoteknologi), Jeki (Budidaya Perikanan), Dewi Rati (manajemen), Rahmadani (Ilmu Hukum), Ratu Ayu Nadila (Pendidikan Matematika), Maya Anggi Siregar (Pendidikan Bahasa Inggris), Dicky Kurniawan Saragih (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). (MS10)