Headline Internasional Olahraga

Valentino Rossi Berpotensi Buat 3 Rekor di MotoGP Republik Ceko 2020

Mediasumutku.com | BRNO – Diperkirakan, pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, antusias gelaran MotoGP Repbulik Ceko 2020 pada akhir pekan ini. Ia pun berpotensi membuat beberapa rekor dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Brno.

Rossi telah mencatatkan beberapa hal istimewa setelah meraih podium di MotoGP Andalusia 2020. Pada balapan seri kedua MotoGP 2020 tersebut, Rossi menjadi pembalap berusia 41 tahun atau lebih pertama yang mampu meraih podium sejak 1977.

Kini, Rossi kembali berpotensi untuk membuat rekor baru di MotoGP Republik Ceko 2020. Pada saat mentas di MotoGP Andalusia 2020, VR46 berhasil mendapatkan podium ke-199 di ajang grand prix kelas premier.

Karena itu, jika Rossi kembali meraih podium di MotoGP Republik Ceko, maka ia akan mendapatkan podium yang ke-200 di kelas premier. Jika Rossi berhasil meraih podium ke-200 tersebut maka Rossi akan mempertajam rekornya.

Ia akan menjadi lebih unggul dari Jorge Lorenzo yang telah mengoleksi 114 podium. Itu juga berarti Rossi unggul hampir dua kali lipat dari Lorenzo yang sebelumnya pernah menjadi rekan setimnya di Yamaha.

Itu baru rekor pertama. Pada rekor berikutnya, Rossi berpotensi untuk mempertajam catatan apik lainnya yakni jarang terpanjang antara podium pertama dan terakhir di kelas MotoGP. Sejatinya catatan rekor ini sudah menjadi miliknya.

Tetapi, di MotoGP Republik Ceko 2020, Rossi bisa memperpanjang catatan rekornya. Jarak podium pertama dan terakhir Rossi di kelas premier adalah 20 tahun 87 hari. Catatan itu masih mengungguli jauh Alex Baros dengan 14 tahun 341 hari.

Rekor lainnya di MotoGP Republik Ceko masih berbicara soal podium. Kali ini The Doctor –julukan Rossi– akan membuat rekor baru untuk menjadi pembalap tertua yang mencatatkan back to back podium di kelas premier sejak 1966.

Pada 1966, Jack Ahearn berhasil mencatatkan rekor sebagai pembalap tertua yang meraih back to back podium. Kala itu ia berusia 41 tahun 282 hari saat meraih podium di balapan MotoGP Belgia dan Jerman.

Jika Rossi berhasil meraih podium di MotoGP Republik Ceko 2020, maka VR46 akan berusia 41 tahun 175 hari. Meski belum bisa melampaui Ahearn, tetapi ia membuat sejarah baru sejak terakhir dilakukan pada 1966.