Ekonomi

Wamendag Sebut Potensi Ekspor Pangan di Indonesia Melimpah

mediasumutku.com| MEDAN- Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, potensi
ekspor pangan di Indonesia sangat melimpah. Jenis pangan Indonesia juga sangat beragam, mulai dari padi-padian, ikan, kacang-kacangan, hingga sagu-saguan.

“Sangat banyak sekali jenis bahan pangan yang kita hasilkan. Semuanya bisa saja diekspor. Jadi, bukan hanya terbatas pada mi instan, kakao, atau kopi, tetapi semua produk pangan bisa saja diekspor,” kata Wamendag Jerry, Senin (12/10/2020).

Kuncinya, menurut Wamendag, adalah inovasi dalam semua aspek baik pengolahan, pemasaran, kemasan, dan sebagainya. Dalam pengolahan, sebuah produk harus mengikuti standar-standar yang diterapkan oleh negara sasaran ekspor.

Sebuah negara bisa saja menetapkan standar kesehatan, ekologis, dan sebagainya yang harus dipenuhi oleh para eksportir dari negara lain. Selain itu, pendekatan-pendekatan dalam pemasaran harus dilakukan secara komprehensif mulai dari pameran, penjajakan kesepakatan dagang (business matching), iklan, dan seterusnya.

“Dalam pengemasan, produsen juga harus bisa memenuhi standar dan ekspektasi konsumen agar menarik serta meningkatkan nilai tambah,”sebutnya.

Jerry mengatakan, Kementerian Perdagangan memberikan fasilitasi bagi inovasi-inovasi dalam pengembangan produk ekspor.

“Sesuai dengan tugas dan fungsi Kementerian Perdagangan, dalam hal ekspor kita ini ada di hilir. Untuk produksi atau di hulu, ada di kementerian lain seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM, dan sebagainya. Kami memberikan fasilitasi dalam pemasaran dan kemudahan-kemudahan perdagangan lainnya,” tambahnya.

Menurut Wamendag Jerry, sudah banyak perjanjian perdagangan yang diselesaikan. Oleh karena
itu, ia berharap para produsen Indonesia dapat memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang
dihasilkan dari perjanjian perdagangan itu. Tanpa pemanfaatan yang optimal, perjanjian perdagangan tidak akan memberikan manfaat nyata bagi produk Indonesia. Karena itu, Kemendag makin meningkatkan fasilitasi ekspor.

“Kami punya lima Free Trade Area (FTA) Center. Para produsen bisa berkonsultasi mengenai cara melakukan ekspor, mekanisme ekspor, dan lain sebagainya. Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi FTA Center. Kami pasti akan membantu seoptimal mungkin. Apalagi memang sudah menjadi visi Presiden RI untuk meningkatkan ekspor. Tugas kamilah untuk mengimplementasikan visi Presiden tersebut,” pungkasnya. (MS11)

Tinggalkan Balasan