Ekonomi Headline Kesehatan Medan

Webinar Nasional #6 TMP Bahas Sektor Pariwisata Sumut Di Tengah Pandemi Covid-19

mediasumutku.com | MEDAN – Webinar Nasional ke-6 Taruna Merah Putih dengan tema “Membangkitkan Gairah Pariwisata Sumatera Utara dan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19” diikuti 10 ribu peserta secara daring (online) di seluruh Indonesia, 7100 peserta menyaksikan lewat Youtube streaming dan Zoom meeting dengan peserta 3000 orang lebih, Sabtu (3/10/2020).

Pelaksanaan acara di Medan dipusatkan di Grandhika Hotel Jalan Dr Mansyur Medan dan diikuti peserta dari seluruh Indonesia. Acara webinar juga diikuti Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat, dan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum TMP Maruarar Sirait yang diwakili oleh Sekjen DPP TMP Restu Hapsari.

Webinar Nasional ini menghadirkan nara sumber Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kasubandio, GM Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba Hj. Hidayati, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Taput Nikson Nababan, Ketua LLDikti Wilayah I Sumatera Utara Prof. Dian Armanto, Akademisi dari Universitas Prima Indonesia Arjon Turnip, dengan moderator akademisi dari USU Dr. Mirza Nasution.

Ketua Panitia Webinar Nasional #6 TMP yang juga Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Kota Medan Drs. Wong Chun Sen, M.PdB menyampaikan pandemi Covid-19 telah melumpuhkan segala sektor kehidupan, baik ekonomi, pendidikan, sosial, kesehatan dan yang lainnya.

“Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang terpukul sangat berat dengan ditutupnya pintu masuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Pembatasan gerak masyarakat juga semakin memukul sektor ini, sehingga para pelaku sektor pariwisata seperti hotel, restoran, travel agent serta usaha kecil yang berada di kawasan wisata juga terkena dampaknya,” kata Wong Chun Sen.

Namun, ditengah pandemi Covid-19 ini, Indonesia khususnya Sumatera Utara mendapatkan pengakuan dari UNESCO yang menetapkan Kaldera Danau Toba sebagai UNESCO Global Geopark. Dengan penetapan ini, Indonesia dapat mengembangkan Geopark Kaldera Danau Toba melalui jaringan Global Geopark Network dan Asia Pacific Geopark Network khususnya dalam pemberdayaan masyarakat lokal. Tentu ini menjadi harapan baru di sektor pariwisata Sumut.

“Berkat kerjasama tim (team work) yang saling bahu membahu dan semangat gotong royong menyebarkan semangat tersebut ke seluruh Indonesia, sehingga peserta yang mengikuti webinar ini mencapai 10 ribu lebih peserta di zoom meeting dan youtube streaming,” tandasnya.

Wong Chun Sen yang juga Anggota DPRD Medan ini berharap semoga webinar Nasional yang diikuti di seluruh Indonesia dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan sektor pariwisata Sumatera Utara, dan Indonesia pada umumnya.