Sumut

10 Ribu Batang Mangrove Perkuat Kawasan Pesisir Pantai di Asahan

ASAHAN – Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama unsur Forokopimda Kabupaten Asahan menanam 10.000 pohon mangrove di Wisata Alam Mangrove Desa Silo Baru Kecamatan Silau Laut, Kamis (10/3/2022).

Penanaman pohon ini merupakan salah satu langkah Pemerintah Kabupaten Asahan mendukung program Pemerintah Pusat di bidang isu global lingkungan hidup.

Mangrove diyakini sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai.

Hal ini disampaikan Bupati Asahan H. Surya, BSc disela-sela penanaman pohon mangrove yang dilakukan secara simbolis bersama dengan Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, Mewakili Kajari Asahan dan Mewakili PA Kisaran.

Bupati Asahan juga mengatakan, selain untuk wisata alam, penanaman pohon mangrove ini juga bermanfaat untuk mengatasi abrasi.

“Dengan adanya program pemerintah ini masyarakat Kabupaten Asahan mendapatkan manfaatnya, diantaranya, masyarakat dilibatkan dalam pembenihan pohon mangrove yang nantinya akan dibeli oleh pengelola, sehingga perekonomian masyarakat dapat terbantu,” kata Surya. (MS10)