Nasional

113 Pelajar Meriahkan Festival Telenta Seni dan Budaya di Universitas Asahan

ASAHAN – Universitas Asahan (UNA) menggelar Festival Talenta Seni dan Budaya Tahun 2022 melombakan tari dan musikalitas yang diikuti 113 peserta. Acara digelar selama tiga hari yakni 21-23 Maret 2022

Para peserta yang tampil ini berasal dari tingkat SMA/MA/SMK tidak hanya berada dari wilayah Kabupaten Asahan namun diikuti juga dari Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Batubara dan Kota Madya Tanjungbalai.

Sebagai juri pada Festival Talenta Seni dan Budaya UNA Tahun 2022 kali ini dari Dewan Kesenian Daerrah Asahan, yakni Willer Anderson Pasaribu, Rosnaida, SE., MM serta Rizal Vani Lubis, SH.

Sebelumnya turut hadir dalam kegiatan itu, Bupati Asahan H. Surya, B.Sc membuka acara yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. Supriyanto, M.Pd, Forkopinda, Ketua Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, para pengurus yayasan UNA, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, para wakil rektor, dekan, dosen dan pegawai.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dalam sambutannya saat membuka Festival Talenta Seni dan Budaya Tahun 2022 menyampaikan bahwa, festival ini merupakan bagian dari upaya memantik motivasi para peserta untuk mengembangkan telenta dan kebudayaan lokal akibat pandemi.

Festival ini juga menjadi wadah untuk menunjukkan gerakan kereografi tari dan musikalitas terbaik para peserta.

“Para peserta yang tampil bisa bersaing dengan sehat. Terpenting,tetap menjaga sportivitas. Semoga peserta bisa menunjukkan kebolehannya”, ucapnya sembari menambahkan, semua program studi di UNA telah terakreditasi B dan intitusinya.
Dalam kegiatan ini dimeriahkan 5 fakultas UNA membuat stand pameran dengan menampilkan prestasi akademik maupun non akedemik baik berupa foto, video dan alat-alat laboratorium fakultas teknik dan pertanin.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada para panitia yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Festival Talenta Seni dan Budaya UNA Tahun 2022.

“Saya kira kegiatan ini baru pertama kali diadakan. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membawa manfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan juga para peserta mampu untuk mengembangkan diri dan menampilkan eksistensi meraka dalam panggung ini,” pesannya.

Dia melanjutkan, para peserta diharap bisa berkreasi dan ini menjadi sarana dalam rangka untuk meningkatkan kreativitas pelajar. Kita ketahui bersama bahwa saat ini pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sedang giat-giatnya dalam mengembangkan satu konsep belajar/pendidikan yaitu Merdeka Belajar.

“Kegiatan yang diadakan oleh UNA menjadi salah satu konsep merdeka belajar. Pada hakikatnya merdeka belajar itu adalah menyatukan/mengkorelasikan pendidikan karakter, intelektual serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi” tutupnya.

Kemudian, Bupati Asahan H. Surya, B.Sc yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. Supriyanto, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, beliau merasa gembira dan bangga atas antusisas dan animo masyarakat dalam usaha pelestarian seni dan budaya dalam kegiatan ini.

“Festival Telenta Seni dan Budaya yang digelar ini diharapkan mampu merangsang masyarakat memelihara kebudayaannya dan budaya dapat menunjukkan kemampuan, kreasi serta menjunjung tinggi sportivitas dalam mengikuti kegiatan tersebut” ujarnya.

Lanjutnya, ia berharap bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah satu langkah proventif dan strategis dalam membina generasi muda kita, untuk terus berkreativitas dan berkreasi dalam hal yang positif serta berguna bagi masa depannya.

Oleh karena itu, kegiatan yang positif seperti ini harus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya sebagai salah satu filter yang membentengi anak-anak generasi penerus bangsa kita, agar tak terjerat kedalam kegiatan-kegiatan yang negatif.

Pada festival kali ini, para peserta menampilkan bakat dan kreasinya yang terbaik dihadapan para dewan juri dan para penonton agar menjadi juara terbaik.

Adapun, sebagai juara dalam perlombaan tari Festival Telenta Seni dan Budaya UNA Tahun 2022 yaitu :
– Juara I SMK Negeri 6 Tanjungbalai
– Juara II SMA Negeri 1 Pulau Rakyat
– Juara III SMA Negeri 1 Talawi
– Juara Harapan I SMA Muhammadiyah 8 Kisaran
– Juara Harapan II SMA Negeri 6 Tanjungbalai
– Juara Harapan III SMA Negeri 1 Kisaran

Sedangkan juara dalam perlombaan musikalitas Festival Telenta Seni dan Budaya UNA Tahun 2022 yaitu :
– Juara I SMA ST. Yosef Aek Kanopan
– Juara II SMA Metodist 2 Kisaran
– Juara III SMA ST. Yosef Aek Kanopan
– Juara Harapan I SMA Metodist 2 Kisaran
– Juara Harapan II SMA Negeri 7 Tanjungbalai
– Juara Harapan III SMA Negeri 1 Limapuluh

(MS10)