Hankam Headline Nasional

14 Taruna AAL Tingkat IV Korps Teknik Digembleng Lattek Manajemen Logistik

Mediasumutku.com | Surabaya — Sebanyak 14 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Koprs Teknik Tingkat IV Angkatan ke-65 akan dibekali ilmu dan digembleng dalam Latihan Praktek (Lattek) Manajemen Logistik dengan waktu selama 10 hari.

Hal ini dikatakan Kepala Departemen Teknik (Kadeptek) AAL Kolonel Laut (T) Muhammad Suprapto, S.T. di Aula Gedung Sapudi, Mako AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (30/4/2020).

Menurut Kadeptek AAL, dalam Lattek Manajemen Logistik ini, Taruna AAL Tingkat IV Korps Teknik Angkatan ke-65  TA 2019/2020 ini, mereka akan menggunakan fasilitas latihan di dalam Kesatrian AAL, diantaranya di Gedung Sapudi Deptek AAL, Laboratorium Teknik AAL, dan Gudang Material Perbekalan AAL.

Latihan Praktek Manajemen Logistik lanjut Kadeptek AAL, merupakan  suatu kegiatan lapangan yang secara periodik dilaksanakan sesuai dengan jadwal kalender akademik dan kurikulum pendidikan AAL.

Lattek Manajemen Logistik ini jelasnya, bertujuan untuk menerapkan atau mengaplikasikan teori yang telah diajarkan di kelas ke dalam bentuk praktek pekerjaan di bidang  Manajemen Logistik.

Sementara itu sasaran yang ingin dicapai adalah Taruna Korps Teknik mampu  memahami dan terampil dalam melaksanakan administrasi logistik dan prosedur di bidang Logistik serta prosedur administrasi perbaikan peralatan, khususnya yang ada di KRI, sesuai materi pokok praktek yang diterima, serta mampu mengaplikasikannya ke dalam penugasan terutama di KRI.

Dalam Lattek ini lanjutnya, mereka akan mempraktekkan materi Sistem Dukungan Logistik Terpadu (Integrated Logistic Support), Perencanaan dan Penentuan Kebutuhan Material (Planning and Estimating Material), Proses Pengadaan Material (Procurement Process), Proses Dukungan BMP dan Sistem Pemeliharaan Terencana (Planning Maintenance System).

Kemudian materi Proses Administrasi Logistik PUT, PUB, PUS dan LK, Pendataan dan pendistribusian material (Inventory and Distribution), Manajemen pergudangan (Warehouse Management), Buku Dasar Perbendaan (BDP), Tata Kelola Sistem Kodifikasi, Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN), Proses Penghapusan Material (Disposal Process), dan Aplikasi Pelaksanaan Lattek PUT Material atau Logca, LK dan PUB.

Sesuai Atensi Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., maka selaku Kadeptek AAL melaksanakan penekanan kepada para Taruna yang di didiknya untuk untuk terus disiplin mempertahankan pola hidup sehat sebagai modal dasar yang mudah dalam mencegah penyebaran Covid-19 yaitu cukup istirahat, cukup makan, cukup olahraga, hindari stress, selalu jaga jarak dan gunakan masker, selalu cuci tangan atau gunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktifitas.(*/MS8)