Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Ekonomi

2021, Borrower Akseleran tumbuh 141 Persen, NPL 0,07 Persen

×

2021, Borrower Akseleran tumbuh 141 Persen, NPL 0,07 Persen

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Sekalipun di tengah kondisi pandemi Covid-19, penyelenggara fintech P2P Lending Akseleran berhasil menyalurkan pinjaman usaha kepada ribuan pelaku UMKM (peminjam/borrower) di sepanjang tahun 2021, atau tercatat mengalami kenaikan jumlah borrower hingga 141 persen dibandingkan realisasi di periode yang sama tahun 2020.

Menariknya, penyaluran pinjaman usaha Akseleran sudah merambah ke wilayah lain yang berada di luar Pulau Jawa, antara lain di Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Sumatra Utara.

Ivan Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran, mengatakan, peningkatan singnifikan dari jumlah borrower yang berhasil memperoleh pinjaman usaha Akseleran secara terang-terangan mempertegas komitmen Akseleran untuk selalu memperluas akses pendanaan kepada sebanyak-banyaknya UMKM yang membutuhkan permodalan khususnya di tengah situasi yang masih sulit sebagai dampak dari adanya pandemi Covod-19.

Secara kumulatif, Ivan menerangkan, Akseleran sudah menyalurkan total pinjaman usaha sebesar Rp3,7 triliun kepada lebih dari 2.800 borrower.

Baca Juga:   Wabup Sergai: Lembaga Adat Harus Menjadi Penghubung Antara Pemerintah dengan Masyarakat

“Kami bersyukur bisa melewati tahun 2021 dengan banyaknya catatan prestasi menggembirakan dan didukung oleh lebih dari 175 ribu pemberi dana pinjaman perorangan (retail lender) yang tersebar merata dari Aceh hingga Papua dan 12 institutional lender yang berasal dari perbankan maupun Lembaga Jasa Keuangan (LJK) lainnya termasuk BPR. Di kuartal keempat tahun ini, rata-rata bulanan untuk penyaluran pinjaman usaha Akseleran sudah menembus angka Rp177 miliar,” ujar Ivan di Jakarta, Senin (10/1/2022).

Selain itu, Ivan menyampaikan, untuk bulan Desember 2021 saja tercatat bahwa Akseleran mampu menyalurkan total pinjaman usaha sebesar Rp190 miliar, atau tumbuh hingga 84% dibandingkan bulan Desember di akhir tahun 2020.

Sedangkan untuk sepanjang tahun ini, Ivan mengungkapkan, rekor penyaluran pinjaman usaha Akseleran terjadi di bulan November 2021 yang mencapai angka sebesar Rp192 miliar dan menjadi salah satu faktor penopang Akseleran untuk berhasil menyalurkan total penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp1,9 triliun lebih selama 12 bulan terakhir atau tumbuh 102 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2020.

Baca Juga:   Akseleran Berhasil Tumbuh 42% di Q3 2020

“Pertumbuhan demi pertumbuhan yang terus terjadi secara konsisten di tiap bulannya tentu sejalan dengan kualitas pinjamannya dimana dapat terlihat dari rasio kredit macet (non performing loan/NPL) Akseleran di akhir tahun ini berada di angka yang tetap rendah, yakni 0,07 persen dari total kumulatif penyaluran pinjaman usaha,” jelasnya.

Itu artinya tambahnya, total NPL Akseleran di tahun 2021 mengalami banyak penurunan hingga sebesar 0,10 persen dibandingkan realisasi per 31 Desember 2020 dan memperlihatkan keberhasilan Akseleran dalam melakukan mitigasi risiko kredit macet demi meningkatkan kenyamanan bertransaksi kepada seluruh pengguna Akseleran di Indonesia.

Ivan mengatakan, sejauh ini para lender Akseleran tidak perlu lagi khawatir dalam melakukan pengembangan dana karena terjadinya risiko kredit macet di Akseleran sangat terukur.

Baca Juga:   Hingga Akhir November, Akseleran Salurkan Pinjaman Usaha Sebesar Rp 1,7 Triliun  

“Untuk selalu memberikan peace of mind kepada seluruh pengguna Akseleran maka di seluruh kampanye pinjaman sudah kami implementasikan proteksi asuransi kredit dari semula hanya 90 persen dari pokok pinjaman tertunggak, sudah menjadi 99 persen dari pokok pinjaman tertunggak per 1 September 2021. Dengan demikian, kami optimis akan melanjutkan kembali pertumbuhan kinerja Akseleran di tahun 2022 dengan menargetkan total pinjaman usaha naik hingga dua kali lipat atau menjadi sebesar Rp4 triliun,” tambah Ivan.(MS11)