Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Ekonomi

2021, Pelindo I Targetkan Arus Bongkar Muat Petikemas Sebesar 1,57 Juta TEUs

×

2021, Pelindo I Targetkan Arus Bongkar Muat Petikemas Sebesar 1,57 Juta TEUs

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com| MEDAN- Sebagai salah satu operator jasa kepelabuhanan, Pelindo 1 di tahun 2021 ini menargetkan arus bongkar muat petikemas sebesar 1,57 juta TEUs atau tumbuh 10 persen dibandingkan tahun 2020 lalu.

Prasteyo, Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1 mengatakan, untuk bongkar muat kargo yang terdiri dari curah cair, curah kering dan general cargo diproyeksikan mencapai 30,2 juta ton meningkat 22 persen dibanding realisasi tahun sebelumnya yaitu sebesar 24,8 juta ton. Target peningkatan ini salah satunya di dorong melalui pengembangan Kuala Tanjung Port and Industrial Estate (PIE).

“KTMT mencatat tren pertumbuhan yang positif artinya, KTMT beroperasi dengan baik dan respon pasar pun positif dengan keberadaan KTMT. Peningkatan level of service ini akan terus dilakukan untuk memaksimalkan kinerja KTMT dan Pelindo 1 ke depannya,” jelasnya, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga:   Pacu UMKM, Kemendag Dorong Sinergi Antarlembaga

Sedangkan Kuala Tanjung Industrial Zone (KTIZ) yang dikembangkan di area seluas 3.400 Ha, memiliki potensi segmen industri yang beragam, baik itu port associate industry maupun non port associate industry, diantaranya aluminium, palm oil, iron & steel, rubber, petrochemical, produk makanan, serta segmen industri lainnya.

Di dalam rencana Pengembangan Kuala Tanjung PIE ini juga terdapat rencana pengembangan Kawasan Business & residential area yang didukung oleh akses jaringan transportasi terpadu berupa jalan tol Trans-Sumatera dan jaringan jalur kereta api yang langsung masuk ke dalam Kuala Tanjung PIE.

“Sebagai next Indonesia logistic and supply chain hub, Kuala Tanjung PIE akan terus dikembangkan. Dengan percepatan pengembangan Kuala Tanjung PIE dan dukungan dari Pemerintah, maka akan semakin banyak calon mitra strategis dan investor yang tertarik untuk berinvestasi,”sebutnya.

Baca Juga:   PT Pelindo 1 Gelontorkan Rp.17,1 Miliar Untuk Para Mitra Binaan

Hal tersebut lanjutnya, tentunya akan mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia bagian barat, khususnya di wilayah Sumatera Utara, serta akan mendorong meningkatnya utilisasi dan aktivitas kegiatan bongkar muat di KTMT.

“Kami Pelindo 1 akan terus melakukan koordinasi dengan para stakeholder dan mengajak para investor serta mitra strategis untuk berperan aktif dalam Pengembangan Kuala Tanjung PIE,” jelas Prasteyo. (MS11)