Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Ekonomi

2021, Target Penerimaan Pajak di Sumut Rp 19,48 Trilun

×

2021, Target Penerimaan Pajak di Sumut Rp 19,48 Trilun

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com| MEDAN- Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) mentargetkan penerimaan pajak pada tahun 2021 sebesar Rp19,48 Triliun.

Besaran target itu masing-masing didistribusikan ke seluruh KPP dengan rincian KPP Madya Medan Rp12,63 Triliun, KPP Pratama Medan Barat Rp429 Miliar, KPP Pratama Medan Belawan Rp472 Miliar, KPP Pratama Medan Timur Rp1,02 Triliun, KPP Pratama Binjai Rp482 Miliar, KPP Pratama Medan Polonia Rp1,03 Triliun, KPP Pratama Medan Kota 1,04 Triliun, KPP Pratama Medan Petisah Rp1,02 Triliun dan KPP Pratama Lubuk Pakam Rp1,33 Triliun.

Plh. Kepala Kanwil DJP Sumut I Max Darmawan melalui siaran persnya, Kamis (18/2/2021) menyebutkan, guna menyusun strategi pencapaian penerimaan tersebut, pihaknya telah menggelar Rapat Koordinasi Daerah I (Rakorda I) tahun 2021 bertempat di Aula Lantai 8 Gedung Kanwil DJP Sumut I (Selasa, 09 Januari 2021).

Baca Juga:   Penyerapan Anggaran Belum Maksimal, Anggota Dewan Ini Ingatkan SKPD Pengguna Anggaran Kreatif dan Transparan

“Kegiatan yang mengusung tema “Sinergi Meraih Prestasi” ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 9 – 10 Februari 2021 dan dihadiri oleh seluruh kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Lingkungan Kanwil DJP Sumut I,” ucapnya.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dan paparan oleh Plh. Kepala Kanwil DJP Sumut I Max Darmawan kemudian dilanjutkan dengan pengarahan oleh Kepala Kanwil DJP Sumut I, Eddi Wahyudi serta pengarahan oleh Liaison Officer Kanwil DJP Sumut I, Edward Hamonangan Sianipar.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan evaluasi dan strategi oleh tiap kepala bidang di lingkungan Kanwil DJP Sumut I, dan rapat komisi yang terbagi atas
komisi pengawasan, komisi ekstensifikasi dan penyuluhan, dan komisi pemeriksaan dan penagihan, kemudian penyerahan simbolis ditribusi rencana penerimaan tiap KPP.

Baca Juga:   Bobby Nasution Ajak HIPMI PT Hilangkan Keegoisan dengan Kolaborasi

Disampaikan dalam rapat, kata Max, capaian penerimaan Kanwil DJP Sumut I tahun 2020 adalah sebesar Rp16,52Triliun atau 99,07% dari target Rp16,68 Triliun. Dalam rapat komisi juga dibahas diantaranya evaluasi, isu utama, kendala internal dan eksternal dan rencana kerja tahun 2021.

Pada komisi ekstensifikasi dan penyuluhan, rencana kerja tahun 2021 diantaranya, penguatan penguasan wilayah oleh tiap KPP dengan memanfaatkan aplikasi yang ada, memperbanyak saluran komunikasi dan optimalisasi media sosial dalam menyampaikan informasi perpajakan ke masyarakat. (MS11)