Pendidikan

257 Calon Mahasiswa Baru UNA Ikuti Ujian Saringan Masuk Gelombang II

Asahan – Sebanyak 257 Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) Universitas Asahan (UNA) mengikuti Ujian Saring Masuk (USM) perguruan tinggi gelombang ke dua secara online yang digelar di kampus setempat, Senin (4/7/2022).

Camaba yang mengikuti ujian tersebut adalah mereka yang mendaftarkan diri pada program regular sejak 10 Juni 2022 – 2 Juli 2022.

Pada pelaksanaan USM ini, para peserta diwajibkan mengikuti Test Potensi Akademik (TPA) dengan materi pengetahuan umum, IPA/IPS, matematika, dan Bahasa Inggris serta wawancara.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, UNA rutin membuka pendaftaran bagi Camaba yang berkeinginan melanjutkan studi di bidang teknik maupun non teknik, dengan total 5 Fakultas yang terdiri dari 12 program studi mencakup jenjang S1 dan S2. Institusi dan program studi sudah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Jika diakumulasikan, jumlah pendaftar penerimaan mahasiswa baru UNA gelombang I dan II tahun ajaran 2022/2023 mencapai 500 orang. Pada gelombang III diperkirakan jumlah pendaftar ditargetkan meningkat.

“Alhamdulillah ujian dapat terlaksana dengan lancar. Terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja, mudah-mudahan dipenerimaan mahasiswa baru UNA gelombang III lebih baik lagi dari segi pengelolaan aplikasi, pelayanan, maupun peningkatan jumlah pendaftar,” ungkap Wakil Rektor III sekaligus Ketua panitia PMB UNA TA 2022/2023 Ir. Ansoruddin Harahap, M.P.

Dalam pelaksanaan USM gelombang II ini, selain Wakil Rektor III Ir. Ansoruddin Harahap, M.P, Wakil Rektor I Dr. Drs. Bambang Gulyanto, S.H., M.Pd dan Wakil Rektor II Drs. Abdul Rahman, M.Pd., M.Si memantau langsung kegiatan tersebut.
“USM ini sebagai strategi untuk mengukur potensi intelektual, minat dan bakat calon mahasiswa baru” ungkapnya.

Kelancaran pelaksanaan USM merupakan hasil dari kerja sama yang baik antara jajaran dosen, staf, dan sekretariat di lingkungan UNA yang terlibat sebagai koordinator.

Sementara itu, koordinator tim seleksi USM Junarlis, S.Pd.I menuturkan, hasil seleksi USM dapat diakses di www.una.ac.id, dan pihak kampus juga mengirimkan hasilnya langsung kepada para peserta PMB melalui sms dan email masing-masing.

“Bagi para peserta PMB yang dinyatakan lulus, diharapkan untuk dapat melakukan tahapan daftar ulang segera sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan,” tuturnya. (MS10)