Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Kesehatan

30 Peserta Ikuti Peningkatan Kompetensi SDA Bidang Kesehatan 

×

30 Peserta Ikuti Peningkatan Kompetensi SDA Bidang Kesehatan 

Sebarkan artikel ini
mediasumutku.com | MEDAN – Manajemen Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang terpadu dan berkelanjutan akan mendorong upaya kesehatan masyarakat dan perseorangan tingkat pertama berjalan efektif dan efisien. Dengan demikian, diperlukan peningkatan kompetensi sumber daya aparatur (SDA) bidang kesehatan.
“Pelatihan ini akan berlangsung selama 10 hari dan diikuti oleh 30 peserta,” sebut Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi pada pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat, saat membuka Pelatihan Manajemen Puskesmas yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD PSDM), di Royal Suite Condotel, Senin (18/11/2019).
Pelatihan ini, menurutnya,
bertujuan menciptakan manajemen yang baik dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas sesuai dengan perubahan dan perkembangan konsep tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan.
Para peserta, katanya, akan mendapat berbagai materi pelatihan, antara lain tentang kebijakan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, Building Learning Commitment, Kebijakan Penyelenggaraan Puskesmas, Problematika PIS-PK, kepemimpinan dan anti korupsi, penganggaran PIS-PK, Manajemen Data di Puskesmas dan Keluarga Sehat, Manajemen Aset, Manajemen Mutu, dan pemberdayaan masyarakat.
Dikatakan, seluruh pelaksanaan program atau pelayanan kesehatan, sumber daya puskesmas, pemberdayaan masyarakat, sarana dan prasarana, sistem informasi puskesmas dan mutu harus terintegrasi, sehingga dapat menyelesaikan masalah prioritas kesehatan di wilayah kerja masing-masing.
Karena itulah, Plt Wali Kota menyambut baik semua upaya peningkatan kompetensi yang dilaksanakan di lingkungan Pemko Medan, termasuk pelatihan manajemen Puskesmas ini.
Diharapkan, pelatihan ini memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kompetensi sumber daya aparatur di bidang kesehatan, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan mencapai sasaran pembangunan kota yang lebih baik lagi di masa mendatang.
“Puskesmas merupakan tulang punggung penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat,” jelasnya.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BKD PSDM, Muslim SSos MSP. Pembukaan Pelatihan Manajemen Puskesmas ini ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Asisten Administrasi Umum Pemko Medan, Renward Parapat.(ms5)
Baca Juga:   Terkait Bom Bunuh Diri, Wakapolda Sumut: Pelaku Menyusup Bersamaan Pengurus SKCK