Pendidikan

5.161 Peserta Ikuti Seleksi Mandiri Unimed  

MEDAN-Sebanyak 5.161 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) seleksi mandiri Universitasr Negeri Medan (Unimed), dimulai Rabu (13/7/2022) hingga Senin (18/7/2022) mendatang.

Pelaksanaan UTBK Seleksi Mandiri Unimed 2022 diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C, dengan maksimal umur 25 Tahun.

Ke 5.161 peserta yang mengikuti Seleksi Mandiri ini terbagi ke dalam tiga kelompok ujian, yakni, Saintek 1.223 orang,  Soshum 1882 orang dan Campuran 2056 orang. UTBK Seleksi Mandiri di Unimed dilaksanakan secara mandiri oleh Panitia Lokal Seleksi Mandiri Unimed.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengatakan, semua tahapan-tahapan Seleksi Mandiri Unimed telah dilaksanakan sesuai pedoman dari Ditjend Dikti Kemdikbudristek.

“Ujian Seleksi Mandiri tersebut, merupakan seleksi terakhir mahasiswa baru untuk bisa diterima di Unimed, setelah berakhirnya ujian seleksi di SNMPTN, dan SBMPTN,” kata rektor disela-sela meninjau ujian seleksi mandiri, Rabu (13/7/2022).

Ikut serta memantau ujian UTBK Seleksi Mandiri di UPT TIK, WR 2 Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si, WR3 Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, WR4 Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc.,Ph.D, staf ahli Rektor Dr. Abil Mansyur, M.Pd, yg juga selaku koordinator UTBK Seleksi Mandiri, Dr. Winsyaputra Ritonga, M.Si, dan Kepala Humas Dr. M. Surif, M.Si.

Dia menyebutkan, adapun kelulusan Seleksi Mandiri UNimed 2022 ini ada tiga poin yakni,  berdasarkan hasil UTBK Seleksi Mandiri, hasil Penilaian Portofolio bagi peserta yang memilih Prodi Seni dan Olahraga, dan berdasarkan Rekognisi Prestasi Peserta.

“Misalnya, prestasi akademik, olahraga, seni, MTQ dan Hafizh Qur’an. Kouta jalur Seleksi Mandiri Unimed 2022 ini sebanyak 2.504 orang, yang tersebar kedalam 54 Program Studi S1/D4 dan D3. Pengumuman kelulusan Seleksi Mandiri Unimed akan diumumkan pada 23 Juli 2022 mendatang,” sebutnya.

Dijelaskan rektor, Unimed melaksanakan seleksi jalur mandiri 2022 secara objektif dengan menggunakan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Bagi program studi seni dan keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan. Kouta jalur Seleksi Mandiri Unimed 2022 ini sebanyak 2513 orang. Adapun program studi dengan peminat terbanyak Jalur Seleksi Mandiri Tahun 2022 diantaranya  Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Manajemen, Ilmu Komputer,  Akuntansi dan Pendidikan Bimbingan Konseling.

“Hari ini merupakan hari perdana UTBK SM-Mandiri Unimed. Panitia sudah mendapatkan surat rekomendasi dari gugus tugas Covid-19 Pemrovsu. Panitia juga sudah berkoordinasi dengan Rumah Sakit Haji Medan dalam penanganan kesehatan, jika ada peserta yang terindikasi Covid-19,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, panitia sudah menseterilisasi semua ruangan dengan penyemprotan disinfektan, begitu juga setelah selesai ujian akan dilakukan hal yang sama. Panitia dan pengawas harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaan UTBK Seleksi Mandiri Unimed 2022.

“Fasilitas yang digunakan dalam UTBK Seleksi Mandiri Unimed ada 33 lab komputer di kampus Unimed, dengan 450 PC dan 50 PC cadangan. Jadi untuk setiap sesi ujiannya hanya 450 peserta yang hadir di kampus Unimed, melihat jumlah peserta persesi yang hadir dapat dipastikan tidak akan ada kerumunan peserta. Pengumuman kelulusan akan disampaikan secara online pada 23 Juli 2022. Kita sama-sama berdoa semoga pelaksanaan ujian mandiri Unimed hingga 18 Juli nanti dapat berlangsung dengan aman dan lancar, serta kami mendapatkan mahasiswa baru terbaik,” ujarnya. (MS7)