Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
HukrimNasional

1.300 Orang Melapor Terkait Kasus Investasi Bodong Uang Kripto

×

1.300 Orang Melapor Terkait Kasus Investasi Bodong Uang Kripto

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com|JAKARTA-Bareskrim Polri mencatat sebanyak 1.300 orang telah melapor sebagai saksi dan korban atas kasus dugaan penipuan investasi bodong dalam bentuk uang kripto oleh perusahaan E-Dinar Coin Cash (EDC Cash).

Kepolisian sebelumnya sudah membuka posko pengaduan untuk mempermudah para korban melapor.

“Dari jumlah tersebut yang sudah diperiksa 63 orang,” jelas Dirtipidsus Bareskrim Polri, Brigjen. Pol. Helmy Santika, Minggu (6/6/2021).

Jenderal Bintang Satu itu pun menjelaskan, pihaknya bakal berupaya mengembalikan kerugian para korban. Ia mengatakan, pengembalian dana akan dimaksimalkan melalui aset tersangka yang disita penyidik.

Pengembalian akan dilakukan usai polisi menyita seluruh aset dari para tersangka atau perusahaan EDCCash. Hingga saat ini, penyidik telah menyita barang bukti berupa sertifikat hak milik tanah, akta jual beli dan surat pemesanan kavling.

Baca Juga:   Mata Uang Kripto Bukan Alat Pembayaran Sah di Indonesia

Kemudian, uang pecahan dengan berbagai macam mata uang, logam mulia, komputer, laptop, ponsel, buku tabungan beserta ATM, 21 unit mobil dan lima unit sepeda motor.

“Terkait nilainya berapa, masih kami hitung. Penyidik masih mengembangkan untuk mencari aset yang merupakan hasil kejahatan,” pungkasnya.

Dalam kasus investasi bodong bermodus uang kripto ini, polisi menetapkan enam orang sebagai tersangka. Dua di antaranya, adalah AY selaku CEO perusahaan EDCCash dan S istri dari AY yang berperan sebagai exchanger EDCCash sejak Agustus 2020. (ms7)