Scroll untuk baca artikel
Berita Sumut

Asahan Gelar Pemilihan Duta Pariwisata 2024, Generasi Muda Diharapkan Jadi Motor Penggerak Wisata Daerah

×

Asahan Gelar Pemilihan Duta Pariwisata 2024, Generasi Muda Diharapkan Jadi Motor Penggerak Wisata Daerah

Sebarkan artikel ini

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) menggelar ajang Pemilihan Duta Pariwisata Kabupaten Asahan 2024 pada Sabtu malam (24/8).

Acara yang berlangsung di halaman Kantor Disporapar Kabupaten Asahan ini dihadiri oleh berbagai tamu penting, termasuk Kepala Disporapar Asahan, Forkopimcam Kecamatan Kota Kisaran Timur, dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam laporannya, Sekretaris Disporapar Asahan, Muhammad Idris Hasibuan, S.Sos, M.Si, menyampaikan bahwa pemilihan ini telah berlangsung sejak 10 Juni hingga 24 Agustus 2024. Kegiatan tersebut diikuti oleh remaja putra dan putri berusia 17-24 tahun yang berdomisili di Kabupaten Asahan, dengan total 10 pasang finalis yang berhasil melaju ke babak akhir.

Baca Juga:   Kapolres Sergai Jadi Narsum di Radio Sergai 92.50 FM

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Disporapar Asahan, Drs. H. Witoyo, MM, Bupati Asahan menegaskan pentingnya pengembangan sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas utama pemerintah daerah. Program “Asahan Go Wisata,” yang merupakan salah satu dari 10 program prioritas, dirancang untuk mengoptimalkan potensi wisata Asahan yang kaya dan beragam.

“Keberhasilan pengembangan sektor ini sangat bergantung pada kemampuan sumber daya manusia, terutama generasi muda yang menjadi ujung tombak dalam upaya tersebut,” ujar Witoyo.

Pemilihan Duta Pariwisata, menurut Witoyo, bukan sekadar kontes kecantikan atau penampilan fisik semata. Ajang ini bertujuan untuk menemukan putra-putri daerah yang memiliki kecerdasan, bakat, jiwa sosial, serta wawasan mendalam tentang kepariwisataan.

Baca Juga:   Musa Rajekshah Apresiasi PT Pamin Tetap Bertahan di Tengah Pandemi

“Duta Pariwisata yang terpilih diharapkan dapat menjadi teladan bagi masyarakat, khususnya generasi muda, baik dalam bertindak, berperilaku, maupun dalam bertutur kata,” tambahnya.

Ia juga menggarisbawahi bahwa proses seleksi Duta Pariwisata tidaklah mudah. Dari sekian banyak peserta yang mendaftar, hanya 10 pasang finalis terbaik yang berhasil mencapai tahap akhir. “Kami berharap ajang ini melahirkan generasi kreatif dan inovatif yang mampu memajukan pariwisata di Kabupaten Asahan,” tegasnya.

Witoyo mengajak para finalis Duta Pariwisata dari berbagai kecamatan di Asahan untuk menjadi duta yang handal dalam mempromosikan potensi destinasi wisata, produk pariwisata, dan program-program kepariwisataan Asahan. “Siapa pun yang terpilih nantinya, mereka adalah putra-putri terbaik yang mampu membawa kemajuan bagi pariwisata di daerah kita,” katanya.

Baca Juga:   Safari Ramadhan 1444 Hijjriah, Satlantas Polres Sergai Berikan Bantuan kepada Kakek Musimen

Menutup sambutannya, Witoyo mengajak seluruh masyarakat Asahan, termasuk para finalis Duta Pariwisata tahun-tahun sebelumnya, untuk terus mencintai, menjaga, mengembangkan, dan mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Asahan. (MS10)